Lalu Lintas

Pengemudi 'Error', Faktor Terbesar Kecelakaan di Jalan Tol

Ekawan Raharja    •    Minggu, 24 Dec 2017 11:30 WIB
lalu lintas
Pengemudi 'Error', Faktor Terbesar Kecelakaan di Jalan Tol
Kecelakaan lalu lintas di tol mayoritas disebabkan oleh kesalahan pengemudi. NTMC Polri

Jakarta: Sering ditemui kecelakaan di jalan tol, yang mengakibatkan banyak kerugian. Ternyata mayoritas kecelakaan di jalan bebas hambatan itu terjadi karena 'error-nya' pengemudi itu sendiri. Mereka banyak melakukan kesalahan termasuk tidak tertib aturan penggunaannya.

Vice President Operations Management PT Jasa Marga, Raddy Lukman, menjelaskan kalau kesalahan pengemudi masih menjadi penyebab paling banyak kecelakaan di jalan tol. Sehingga akhirnya banyak yang dirugikan ketika kecelakaan terjadi, khususnya pengguna jalan tol.

"Kalau berbicara kecelakaan, didominasi faktor pengemudi. Seperti mengantuk, pelanggaran menggunakan bahu jalan, tidak menjaga jarak aman, dan mendahului dari sebelah kiri," ujar Raddy Sabtu (23/12/2017) di Kantor Jasa Marga Taman Mini Jakarta.

Menurut data dari Jasa Marga, Sepanjang Januari-November 2017 sudah terjadi kecelakaan sebanyak 831 kejadian di ruas-ruas tol milik Jasa Marga. Bahkan 79 persen, atau 660 kejadian, terjadi akibat kelalaian pengemudi.

Melihat hal ini Jasa Marga pun menghimbau kepada pengemudi agar lebih tertib berlalu lintas. Selain itu perusahaan pelat merah ini juga menyediakan beberapa kegiatan edukasi tertib berlalu lintas kepada masyarakat.

"Sepanjang tahun ini ada sekitar 16 kegiatan seperti kunjungan ke sekolah-sekolah, kita memasang CCTV untuk mengawasan, dan yang terakhir di tahun ini adalah fun rally sebagai wadah untuk edukasi kepada pelanggan kita," uja Raddy.


(UDA)