Klub dan Komunitas

Nismoxic Ajak Cinta Lingkungan dan Taat Berlalu Lintas

Ahmad Garuda    •    Senin, 30 Oct 2017 19:04 WIB
klub mobil
Nismoxic Ajak Cinta Lingkungan dan Taat Berlalu Lintas
Nismoxic gelar kopdar unik dengan tema jelajah lingkungan dan kampanye perilaku berkendara sesuai aturan lalu lintas. Nismoxic

Metrotvnews.com, Anyer: Komunitas dan klub otomotif nasional makin sadar akan kelestarian lingkungan hidup. Kali ini dilakukan Nismoxic (Nissan Motor X-Trail Indonesia Comunity) yang menunjukkan kecintaan kepada lingkungan dengan cara menjelajah.

Mereka mengambil tema “Jelajah Lingkungan” juga punya esensi mendalam bagi yang ikut di sana. Tujuan pertama adalah menjadikan orang yang ikut dalam kegiatan itu sadar akan kelestarian lingkungan. Kemudian yang kedua adalah mengedukasi anggota Nismoxic untuk berpartispasi aktif dalam penegakan aturan berkendara dan tata tertib di jalan raya.

Kekuatan azas kekeluargaan yang dianut oleh komunitas ini, selalu menjadi yang utama dalam setiap kegiatan kopi darat atau jalan bersama.

“Kami tidak memandang siapa Anda, jenis/tipe kendaraan X-Trail, jabatan atau banyaknya uang. Kami semua di sini adalah saudara, jadi setiap anggota Nismoxic berhak berpendapat dan memberikan kontribusi dalam pencapaian tujuan organisasi,” ujar Ketua Umum Nismoxic, Hilmy.

Wujud edukasi yang diberikan yaitu mewajibkan peserta untuk memungut sampah terutama sampah plastik dan sampah non organic di lokasi kopdar. Masing-masing anggota dibekali satu kantong plastik dan membersihkan sampah yang terserak di sepanjang pantai Anyer.

"Jika kita bagian dari lingkungan dan lingkungan bagian dari kehidupan, maka siapa lagi yang akan menjaga lingkungan kalau bukan kita," ucap SekJen Nismoxic, Husin Munir.

Sementara untuk perilaku aman berkendara di jalan raya, komunitas ini berjanji untuk membantu pemerintah mensosialisaikan budaya berkendara sesuai peraturan di jalan raya.

“Ada penegakan aturan berkendara dan tata tertib yang harus ditaati sebagai anggota komunitas. Seperti larangan pengunaan strobo, rotator, plat nomor dinas, sirine dan tertib berkendara dan taat aturan konvoi di jalan.”

Beberapa Acuan terkait budaya berlalu-lintas antara lain.:
a. UU Nomor 2 Thn 2002 tentang kepolisian negara republik indonesia
b. UU Nomor 2 Thn 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan
c. Peraturan pemerintah nomor 80 tahun 2012 tata cara riksa ranmor dan dakgar lantas TTK
d. peraturan pemerintah nomor 44 tahun 1993 tentang Ran dan pengemudi TTK.


(UDA)