Mobil Konsep

Hyundai Genesis Essentia Concept, Nongol di Busan Motor Show

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 08 Jun 2018 07:53 WIB
mobil konsep
Hyundai Genesis Essentia Concept, Nongol di Busan Motor Show
?Hyundai Genesis Essentia Concept. Carscoops

Korea Selatan: Tur keliling dunia Hyundai Genesis Essentia Concept kali ini menyambangi tanah kelahirannya, untuk tampil di pameran otomotif Busan Motor Show 2018 di Korea Selatan.

Sebelumnya, Genesis Essentia Concept telah keliling dunia di berbagai ajang terkenal, seperti New York Auto Show setelah 2018, kemudian CR Fashion Book Cannes Party di Perancis, dan di Concorso d'Eleganza Villa d'Este, Italia. 

Pabrikan mobil Korea itu mengatakan, bahwa Genesis Essentia Concept dirancang menggunakan powertrain elektrik serta mengaplikasikan teknologi canggih yang bisa terhubung dengan smartphone. Salah satunya adalah fitur pengenalan wajah dan sensor sidik jari yang digunakan untuk membuka dan menutup pintu.

Sementara di bagian kabin pengguna akan disuguhkan pengunan tampilan layar lebar raksasa, yang membentang lebar di bagian dasbor, serta menyediakan akses ke semua fungsi mobil. Sayangnya hal itu dirasa tidak ramah pengemudi, karena menu navigasi berada di posisi penumpang depan. 

Navigasi lain adanya sub-menu di kluster instrumen, memberi tahu di mana mereka berbelok ke kiri atau kanan. Berbicara tentang kluster instrumen, ini sepenuhnya digital juga. Beberapa detail penting tentang mobil yang ditunjukan dalam kluster instrumen adalah kecepatan tertinggi mobil yang mencapai 269 km per jam, dan total jangkauan sejauh 373 km.

Bagian kabin disebut memiliki tata letak yang minimalis, dengan satu-satunya tombol fisik yang berada di sebelah pengemudi adalah pemilih perpindahan gigi di bagian kemudi.

Bergeser ke eksterior, Essentia Concept mengaplikasikan lampu depan dan lampu belakang Quad, mengingatkan pada Genesis GV80 FCV SUV. Desain grill yang berevolusi, kap transparan dan atap gelembung retro-futuristik juga mengingatkan konsep Italia dari masa lalu mendominasi eksteriornya. 

Termasuk desain ventilasi udara fungsional di belakang roda depan, pilar ramping, pintu kupu-kupu dan pelek perunggu yang dibalut ban Pirelli. Konsep seksi itu diklaim menjadikan nilai tambah yang besar bagi pabrikan mobil asala Korea. 

Genesis Essentia Concept diklaim punya bobot tubuh yang ringan, berkat sasis monocoque serat karbon dan multi-motor electric powertrain. Spesifikasi lengkap masih belum dirilis, tetapi Hyundai mengatakan, Essentia Concept bisa sprint dari 0-100 km per jam dalam 3,0 detik.


(UDA)