Penjualan Mobil

Pertambangan Menggeliat, Katrol Penjualan Mobil Komersil

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 28 Sep 2016 10:16 WIB
industri otomotif
Pertambangan Menggeliat, Katrol Penjualan Mobil Komersil
Penjualan mobil komersil terdongkrak dari sektor pertambangan. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Berita baik datang dari sektor pertambangan (batubara) dan infrastruktur, yang mulai menunjukan geliatnya sejak Agustus lalu. Ini berdampak pada meningkatnya permintaan kendaraan komersial, yang memang dibutuhkan untuk menunjang sektor tersebut.

Hal itu dikatakan Sales & Promotion Director Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Santiko Wardoyo, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Selasa (27/6/2016). Yang juga berharap perbaikan di sektor pertambangan dan infrastruktur ini, bisa memicu pertumbuhan kendaraan/mobil komersial yang saat ini ikut terpuruk.

Santiko menjelaskan, sampai Agustus lalu, market share kendaraan komersial secara nasional turun sebesar 17 persen dengan total penjualan 44.100. Meski begitu, Hino hanya mengalami penurunan sebesar 4 persen, dan berhasil menguasai pasar dengan menjual 13.800 unit kendaraan.

"Infrastruktur dan sektor pertambangan mulai membaik, mudah-mudahan tahun depan lebih bagus lagi. Batu bara mulai bulan ini membaik, untuk DAM truk 6x4 terlihat mulai banyak digunakan ke sana," kata Santiko.

Senior Executive Officer After Sales Service & Spare Part HMSI, Iwan Supriyono menambahkan, pihaknya gembira dan merasa lega dengan peningkatan kontrak service kendaraan Hino di tahun ini. Ini salah satu pencapaian yang bisa menopang akibat turunnya penjualan kendaraan komersial.

Semoga perbaikan tidak hanya terjadi di sektor pertambangan dan infrasruktur, sehingga dapat menggariahkan kembali penjualan kendaraan komersial khususnya, dan industri otomotif nasional umumnya.


(UDA)