Balap Mobil

Lorenzo Takjub Merasakan Grip Ban F1 di Tikungan

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 10 Oct 2016 08:36 WIB
formula 1
Lorenzo Takjub Merasakan Grip Ban F1 di Tikungan
Lorenzo diakui cukup kompetitif oleh teknisi Mercedes. Morebikes

Metrotvnews.com: Pembalap motor kelas dunia selalu punya banyak cara mengisi waktu jeda seri balapan. Seperti yang dilakukan Jorge Lorenzo baru-baru ini. Ia menggeber mobil milik Lewis Hamilton Mercedes-W05 di sirkuit Silverstone, Inggris. Hal yang istimewa menurutnya adalah grip ban saat mobil menikung.

"Ini jadi hari yang menyenangkan, saya sangat puas dengan catatan waktu pada sesi terakhir. Dari situ teknisi mengatakan kalau catatan waktu saya cukup kompetitif. Hal yang jadi sangat istimewa adalah grip ban mobil tersebut sangat tidak nyata. Kecepatannya di tikungan bisa lebih cepat 40 km per jam dari motor MotoGP. Sehingga sensasi menikung juga cukup terasa," paparnya Lorenzo kepada Autosport.

Pihak Mercedes juga senang mendapat pengalaman ini. "Pengalaman yang bagus, sejak kedatangan Lorenzo kami sangat antusias. Setiap sesi dia melihat waktu dan berdiskusi di bagian mana yang bisa ditingkatkan, tak heran kalau dia merebut gelar juara dunia balap motor beberapa kali," ujar Mercedes Track Engineer, Richard Lane. 

Kegiatan ini didukung oleh Monster Energy, yang jadi sponsor kedua pihak. Waktu uji coba ini juga disesuaikan dengan jadwal tes tim Mercedes di sirkuit Silverstone. Tidak mudah untuk mengendarai mobil ini, tapi ekspektasi Lorenzo ternyata tidak sesulit apa yang Ia bayangkan sebelumnya.

Kegiatan seperti ini biasanya memang dilakukan selain latihan fisik, ikut di kejuaraan balap lain semacam balap ketahanan hingga menjajal mobil balap entah itu mobil reli atau Formula 1. Tentu sangat menyenangkan jika menjajal mobil atau motor yang pernah jadi juara dunia. Seperti yang diuji oleh Lorenzo yang menggunakan Mercedes-GP tersebut telah sukses mengantar Lewis Hamilton merebut juara dunia Formula 1 2014 lalu.


(UDA)