Tips Mobil

Cara Atasi Kopling Mobil Macet Usai Terobos Banjir

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 14 Nov 2016 09:40 WIB
tips mobil
Cara Atasi Kopling Mobil Macet Usai Terobos Banjir
Waspada kopling mobil macet setelah terobos bajir. Nairaland

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda harus waspada ketika menggunakan mobil dengan gorund clearance yang rendah seperti mobil sedan. Jika tidak awas, Anda berpotensi 'bertemu' dengan masalah kopling macet akibat kemasukkan air dari lubang pembuangan kotoran kopling.

Fahmi, mekanik yang juga merupakan pemilik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi, Jawa Barat mengaku dalam menerima 20 mobil jenis sedan dengan keluhan kopling macet selama 30 hari terakhir. Semua gejalanya sama. Mobil masuk bengkel usai menerobos banjir.

Biasanya, mobil akan bermasalah sehari setelah menerjang banjir. Pada momen itu, pengguna akan kesulitan memasukkan gigi ketika akan menjalankan mobil.


(Bagian yang ditunjuk) Lubang pembuangan kotoran kopling

Tapi Anda tak usah khawatir. Ternyata ada cara mengatasinya. Menurut Fahmi, problem itu bisa diatasi dengan menginjak-injak kopling kurang lebih selama 30 menit dalam keadaan mesin hidup. Cara itu agar air yang masuk melalui lubang pembuangan kopling yang berada di bawah transmisi menjadi kering.  Satu hal yang harus diingat, tindakan itu harus dilakukan sebelum mesin mobil dimatikan setelah melewati banjir.

Menurut Fahmi, masalah kopling macet umumnya dialami mobil dengan transmisi manual. Mobil transmisi otomatis relatif aman untuk melewati banjir selama sil converter (sil pompa oli) masih bagus. Kondisi sil yang masih bagus mampu menahan air masuk atau kedap air. Apalagi, transmisi otomatis memiliki cara kerja yang berbeda dengan yang manual.

Akan tetapi pengecualian juga tetap ada. Mobil dengan transmisi otomatis keluaran tahun lama harus lebih hati-hati karena kemungkinan sil converter sudah keras sehingga tidak kedap air. Kondisi demikian membuat mobil rentan bermasalah saat menghadapi genangan.

Bagi pengguna mobil matic sebaiknya melakukan pengecekan berkala di bagian tersebut. Hal itu untuk mengetahui soal kondisi sil converter. Ciri-cirinya bisa anda kenali, "Oli transmisi rembes dan tarikan tenaga mobil berkurang," kata Fahmi.

 


(HIL)