Mobil Baru

Nissan Sasar Segmen Ambulans di Tokyo Motor Show

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 21 Oct 2017 10:44 WIB
mobil baru
Nissan Sasar Segmen Ambulans di Tokyo Motor Show
Nissan kenalkan Paramedic Concept dan Fridge Concept. Carscoops

Metrotvnews.com: Pameran tahunan Tokyo Motor Show tak melulu diikuti brand yang menghadirkan mobil penumpang. Beberapa di antaranya mengenalkan kendaraan terbaru maupun konsep yang menyasar segmen komersial, bahkan ada pula segmen untuk keperluan medis atau ambulans. 

Di Tokyo Motor Show 2017, Nissan mulai membidik pasar mobil ambulans, itu ditandai dengan rencana Nissan yang bakal melakukan debut dua model konsepnya, yang disebut Paramedic Concept dan Fridge Concept.

Menurut pabrikan mobil Jepang itu, Paramedic Concept dibangun berdasarkan Nissan Caravan NV350 dengan mengusung mesin bensin 2.5 liter, dipadu gearbox otomatis 5 kecepatan. Menariknya, ambulans garapan Nissan ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih untuk membantu mengurangi penyebaran kuman.

Renault-Nissan LCV Business Unit's Senior VP, Ashwani Gupta mengatakan, ada juga keunggulan lainnya. Yakni adanya baterai tambahan lithium-ion guna mendukung peralatan medis, yang diklaim cocok sebagai mobil tanggap darurat, terutama untuk penggunaan di daerah terpencil.

Sementara Fridge Concept dibangun berdasarkan Nissan e-NV200. Mobil konsep ini didesain khusus untuk pengiriman makanan dingin. Pabrikan mengatakan, berkat ukurannya yang ringkas, menjadikannya lebih mudah untuk menembus kemacetan di perkotaan dan jalan yang sempit.

Selain itu, pendingan makanan di ruang kargo juga dibekali baterai tambahan lithium-ion 12kWh, guna mendukung suplai baterai 24kWh untuk menggerakan motor listrik.


(UDA)