Tokyo Motor Show

Nissan Debut IMx All-Electric Crossover Concept

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 27 Oct 2017 07:26 WIB
tokyo motor show
Nissan Debut IMx All-Electric Crossover Concept
Nissan just debuted its IMx all-electric crossover concept. Autoguide

Metrotvnews.com: Totalitas pabrikan otomotif Jepang di Tokyo Motor Show 2017, pastinya sudah bisa dibaca dari beberapa teaser yang mereka buat masing-masing. Kali ini Nissan memberikan kejutan dengan menampilkan IMx all-electric crossover concept, di Tokyo Motor Show 2017. Berbeda dengan penampilannya di Detroit Auto Show yang menampilakn model konsep sedan VMotion.

Dikatakan, Nissan IMx all-electric crossover concept dilengkapi dengan sistem pengemudi yang sepenuhnya otonom, serta jarak tempuh yang mampu menjangkau 600 km plus driving range.  Konsep inovatif yang mengusung filosofi Intelligent Mobility disebut akan menjadi paltform generasi Nissan yang akan datang.

Fitur ProPILOT yang diaplikasikan Nissan membentuk inti antarmuka teknologi IMx. Mode ProPILOT menawarkan operasi otonom sepenuhnya, yang memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk bersantai dan menikmati perjalanan mereka. 

Dalam mode ini, roda kemudi atau setir akan masuk ke dalam dashboard dan merubah semua jok dalam posisi bersandar. Jika mode driver manual diaktifkan, maka akan mengembalikan setir dan jok ke posisi semula.

Menurut pabrikan mobil Jepang itu, konsep ini mengadopsi platform EV Nissan yang baru, diklaim lebih efisien dan memiliki kabin luas, dengan desain lantai kabin yang datar untuk mendapatkan dinamika berkendara yang mengesankan.

Powertrain IMx terdiri dari sepasang motor listrik berkinerja tinggi yang dipasang pada masing-masing as roda, yang diklaim mampu menghasilkan daya 430 tenaga kuda dan torsi 516 lb-ft. Dengan sekali charge, baterai IMx disebut mampu menjangkau jarak lebih dari 600 kilometer.

Konsep IMx menampilkan desain interior yang terinspirasi dari isyarat rumah tradisional Jepang, yang menampilkan desain kabin terbuka. Ada pula panel instrumen OLED panorama, yang menawarkan pemandangan lingkungan luar, sementara pola diagonal pada jok dan sandaran kepala mengikuti tema Jepang. 

Headrest dengan pola kumiki (teka-teki kayu interlocking Jepang) terbuat dari bantalan bahan silikon dan bingkai yang diproduksi oleh printer 3D. Selain itu, sistem artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, memungkinkan pengemudi mengendalikan panel instrumen dengan gerakan tangan dan gerakan mata.


(UDA)