Lalu Lintas

Peraturan Ganjil-Genap di Jakarta Makin Luas dan Lama

Ekawan Raharja    •    Senin, 02 Jul 2018 06:20 WIB
lalu lintas
Peraturan Ganjil-Genap di Jakarta Makin Luas dan Lama
Kendaraan terjebak kemacetan di ruas jalan Jenderal Gatot Subroto kawasan Semanggi, Jakarta. Foto: Antara/Aprillio Akbar.

Jakarta: Mulai Senin (2/7/2018) pemerintah memperluas peraturan ganjil-genap untuk mobil di beberapa ruas jalanan di Jakarta. Perluasan peraturan ini tidak terlepas dari persiapan pemerintah untuk turut memperlancar kegiatan Asian Games yang akan berlangsung pada Agustus 2018.

Kasubdit Bidang Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, perluasan lalu lintas sistem ganjil-genap guna mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) selama Asian Games 2018. Perluasan juga untuk mendukung mobilisasi kontingen Asian Games.
 
"Diharapkan dapat mendukung seluruh aktivitas atlet, official dan masyarakat yang menggunakan ruang lalu lintas," kata Budiyanto dalam keterangan tertulisnya.

Peraturan ganjil genap yang baru ini akan semakin lama dan luas cakupan daerahnya. Tentu masyarakat harus memperhatikan tanggalan dengan mobil yang digunakannya.

Peraturan ganjil-genap biasanya berlaku Senin-Jumat pada pukul 07.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB. Namun kali ini akan berlaku pada Senin-Minggu mulai 6.00-21.00 WIB.

Sebelumnya peraturan untuk mobil ini hanya diterapkan di Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Gatot Subroto. Kini diperluas ke Jalan Benyamin Sueb, Jalan Ahmad Yani, Jalan DI Panjaitan, Jalan S Parman, Jalan Rasuna Said, dan Jalan Metro Pondok Indah.


(UDA)