Uji Tabrak

Picanto yang Dijual di ASEAN Tak Lolos Uji Tabrak

Ekawan Raharja    •    Kamis, 29 Sep 2016 10:38 WIB
uji tabrak
Picanto yang Dijual di ASEAN Tak Lolos Uji Tabrak
KIa Picanto raih hasil yang berbeda saat diuji NCAP Australia dan NCAP ASEAN. NCAP

Metrotvnews.com: Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) merilis hasil ujicoba tabrak yang dilakukan untuk Kia Picanto yang dijual di Australia dan ASEAN. Meski sama-sama Picanto, namun produk di Australia dan ASEAN berbeda jauh dari sisi keselamatannya.

Untuk model yang di Negeri Kanguru tersebut sudah dilengkapi dengan beragam fitur keamanan. Mulai dari enam titik airbag, ESC, ABS, traction control, dan beberapa fitur lainnya. NCAP memberikan nilai 12,95 poin dari maksimal 16 poin.

"Pemicu untuk tes pemeriksaan ini adalah variasi dalam kinerja struktural terlihat terhadap mobil Picanto yang dijual di Indonesia. Kami ingin mengkonfirmasi keabsahan untuk keselamatan konsumen Australia dan Selandia Baru yang mengandalkan informasi ANCAP saat membeli mobil baru," kata Chief Executive Officer ANCAP, James Goodwin, seperti dikutip dari Paultan.

Meski meraih bintang lima, lembaga independen uji keselamatan tersebut masih memberikan catatan kecil untuk Picanto. Disebutkan cidera serius masih berpotensi terjadi di bagian dada dan kaki bagian bawah pengemudi.

Tapi hasil berbeda dikeluarkan oleh ASEAN NCAP, karena Picanto tidak mendapatkan bintang sama sekali. Pemicunya adalah Picanto yang dirilis untuk pasar ASEAN, kecuali Malaysia, tidak dilengkapi dengan airbag.

Alhasil, Picanto di ASEAN hanya mendapatkan nilai 1,48 poin dari nilai maksimal 16 poin. 


(UDA)