Tips Knowledge

Mengenal Istilah RON Bahan Bakar Minyak

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 18 Nov 2016 09:00 WIB
tips knowledge
Mengenal Istilah RON Bahan Bakar Minyak
Kenali RON yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan bermotor agar mesin tidak cepat rusak. Dok. MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah Research Octane Number (RON) di jenis bahan bakar minyak (BBM) bensin, untuk mobil/sepeda motor. Namun, bisa jadi Anda dan pemilik kendaraan bemotor lainnya masih belum paham tentang RON.

Menurut ahli otomotif dan bahan bakar, Tri Yuswidjajanto, RON adalah nilai oktan sebuah bahan bakar. Untuk menentukan besaran RON, BBM harus diuji dengan rasio kompresi variabel dengan kondisi yang teratur.

Nilai RON diambil dengan membandingkan campuran antara iso-oktana dan n-heptana. Misalnya, jenis bahan bakar dengan RON 88, berarti 88 persen kandungan bahan bakarnya adalah iso-oktana dan 12 persennya n-heptana.

Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil, dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi.
 
Ada satu hal yang harus diingat, efek jangka panjang pemakain RON yang tidak sesuai bisa mengakibatkan mesin mobil jebol. Menurut Tri, besar tekanan campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar.

"Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi dan bukan karena percikan api dari busi, akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak sehingga sebisa mungkin harus kita hindari," tutup Tri.


(HIL)