Paris Motor Show 2016

Adu Megah SUV Made in Eropa

Ahmad Garuda    •    Rabu, 12 Oct 2016 20:03 WIB
pameran mobil
Adu Megah SUV <i>Made in</i> Eropa
Land Rover Dicovery dalam Paris Motor Show 2016. (foto: mondial-automobile.com)

Metrotvnews.com, Paris: Beralihnya selera kalangan berpunya yang meninggalkan sedan, melecut berbagai merek mobil mewah terus mengembangkan potensi SUV. Khususnya pabrikan Eropa yang selama ini fokus kepada sedan.

Sengitnya persaingan mencuri hati penggemar SUV bisa dilihat dalam Paris Motor Show 2016. Di dalam pameran otomotif kelas dunia yang berlangsung dua pekan terakhir, berbagai merek terkemuka membawa konsep SUV unggulannya.

Hampir konsep SUV ini dijadwalkan mulai diproduksi massal kurang dari lima tahun ke depan. Berikut ini beberapa konsep SUV yang paling membetot perhatian dalam Paris Motor Show.

Audi Q5

Audi tetap mempertahankan ciri khas garis body yang simple dan elegan. Dibandingkan pendahulunya, postur generasi terbaru Q5 yang tahun depan mulai dipasarkan di Eropa dan Amerika ini agak lebih panjang tapi lebih ringan 100 kg dibanding pendahulunya.



Fitur unggulannya adalah cluster digital instrument dan heads-up display di bagian windshield. Audi Q5 juga mengadopsi sistem kemudi semi-autonomous yang mencakup adaptive cruise control untuk mencari jalur alternatif menghindari kemacetan lalu lintas.

BMW X2

Paris Motor Show jadi kesempatan penampilan pertama BMW X2 kepada khalayak. Sesuai namanya, maka X2 diposisikan mengisi ceruk antara X1 yang kompak dengan X3 yang sporty. Paling mencolok adalah siluet X biru di lampu utama. Mengentalkan aura sporty adalah penggunaan exhaust pipes extra besar yang mengindikasikan berlimpahkan tenaga.



Paling cepat BMW X2 mulai masuk ke pasar Eropa dan Amerika pada awal 2018. Harganya? Lebih tinggi dari X1 tapi tidak melebihi X3.

Mercedes EQ

Sosoknya yang aerodinamis dan futuristik sepadan dengan mesin listrik yang mampu melaju hingga 500 kilometer sekali isi. Mercedes berencana mulai memasarkannya pada awal 2019 mendatang.



Cukup mencengangkan bahwa Mercedes EQ diberi bandrol harga tidak lebih tinggi dibanding Mercedes GLS bermesin konvensional, sekitar Rp 5 milyar. Maka tak berlebihan Mercedes EQ diramalkan mampu membungkam dominasi Tesla dalam pasar mobil listrik di Amerika utara.

Land Rover Discovery

Menurut kastanya, Discovery merupakan line up termewah dari Land Rover. Sesuai tradisinya yang  yang susah 'move on' wajar tampilan generasi terbaru Discovery ini masih menyisakan wajah pendahulunya, dalam hal ini Range Rover E-Vouge.

Tapi jangan tertipu, fitur terkeren dari SUV ini justru ada di ujung jari pemiliknya. Pengaturan konfigurasi tiga baris bangkunya dapat dilakukan melalui applikasi smartphone. Demi menyesuaikan dengan gaya hidup millenial, Discovery dipersenjatai sembilan port USB plus portable 3G WiFi hotspot yang mampu melayani delapan devices sekaligus.



Pamor sebagai produsen SUV tangguh pelahap segala medan diwakili oleh fitur All-Terrain Progress Control. Fitur yang sangat memudahkan weekend warriors mengajak keluarga tercintapergi berkemah di perbukitan.

Seluruh fitur canggih membawa konsekwensi logis terhadap harganya yang hampir Rp 6 milyar. Bila itu Anda anggap pantas, pertengahan tahun depan Landy Discovery sudah bisa dikirim ke rumah.

 


(LHE)