Regulasi Otomotif

Tiga Langkah Awal untuk Klaim Asuransi Kendaraan

Ekawan Raharja    •    Kamis, 14 Sep 2017 19:08 WIB
regulasi otomotif
Tiga Langkah Awal untuk Klaim Asuransi Kendaraan
Pelanggan asuransi bisa segera hubungi pihak asuransi jika mengalami kecelakaan berlalu lintas. Dok MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Asuransi kendaraan bermotor hadir untuk memberikan perlindungan terhadap mobil atau sepeda motor kesayangan. Jika terjadi insiden yang tidak menyenangkan, konsumen bisa merasa tenang karena mobilnya bisa segera diperbaiki oleh asuransi.

Namun masih banyak konsumen asuransi kendaraan bermotor yang bingung untuk melakukan klaim asuransi jika mobil atau sepeda motornya usai tertimpa kejadian buruk. Senior General Manager Head of Production Departements PT Asuransi MSIG Indonesia, Enny, memberikan tiga langkah awal untuk klaim asuransi.

1. Segera lapor ke pihak asuransi
Pihak tertanggung harus segera melaporkan kejadian sesegera mungkin kepada pihak asuransi. Umumnya di dalam klausul asuransi ada yang disebut dengan klausula asiransi dan sangat ketat.

Bahkan ada pula perjanjian yang berisikan pelaporan harus dilakukan 3X24 jam. Jika pihak tertanggung telat melaporkan, maka bisa saja klaim asuransi tidak bisa dicairkan.

2. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan
Ikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan olah pihak asuransi. Biasanya pihak asuransi akan meminta beberapa dokumen sebagai kelengkapan administrasi.

Maka segera persiapkan dokumen yang dibutuhkan. Jika kecelakaan melibatkan orang lain, maka minta tanda pengenal dari pihak yang terlibat.

3. Dokumentasikan Kejadian Saat Kecelakaan Berlangsung
Saat kejadian berlangsung, segera dokumentasikan kondisinya. Dokumentasi bisa berbentuk foto atau pun video melalui gawai.

Hal ini sangat membantu pihak asuransi ketika melakukan pengecekan. Sehingga mereka memiliki arsip sebagai bukti.

"Jadi segera lapor asuransi, lengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, dan buat dokumentasinya maka asuransi bisa segera mencairkan klaim," jelas Enny pada Rabu (13/9/2017) di acara Memilih Asuransi Online dan Mobil Bekas yang selenggarakan Mobil123.com.


(UDA)