Teknologi Otomotif

Perusahaan Internet Rusia Ikut Garap Mobil Otonom

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 31 May 2017 13:56 WIB
autonomous
Perusahaan Internet Rusia Ikut Garap Mobil Otonom
Yandex.Taxi mengembangkan mobil otonom sendiri.

Metrotvnews.com: Perusahaan internet dan pencarian asal Rusia, Yandex, baru saja memamerkan prototipe dari mobil otonom yang dikembangkan oleh Yandex.Taxi, layanan transportasi berbasis aplikasi mereka. Prototipe ini diharapkan dapat membantu Yandex untuk menguji software buatannya.

Menurut laporan TechCrunch, Yandex merasa, mereka berada di posisi yang tepat untuk masuk ke industri mobil otonom, yang memang kini menjadi perhatian banyak perusahaan. Alasan di balik kepercayaan diri mereka adalah karena mereka memiliki keahlian dalam bidang navigasi, geolocation, computer vision dan juga pembelajaran mesin berkat berbagai produk dan layanan mereka, seperti Yandex.Navigator dan Yandex.Maps.

"Kami menggunakan data anonim yang kami dapatkan dari pengguna Yandex.Navigator, yang memungkinkan kami untuk mengerti bagaimana cara berkendara di kota-kota dengan berbagai masalahnya, mulai dari kemacetan, kecelakaan, batas kecepatan, penutupan jalan hingga kejadian lainnya," ujar Vladimir Isaev, Yandex.Taxi Head of PR. 

"Kami telah menggunakan teknologi computer vision dalam beberapa layanan kami selama beberapa waktu. Kami menggunakannya untuk menemukan tempat parkir kosong atau membaca rambu jalan dalam layanan geolocation kami."

Yandex menjelaskan, keahlian dalam computer vision mereka dapatkan dengan mencocokkan gambar pada hasil pencarian dan juga menerjemahkan teks dalam sebuah foto yang digunakan dalam layanan mereka.

Perusahaan asal Rusia tersebut mengatakan, berkat pengembangan software yang mereka lakukan dan usaha mereka untuk menggunakan software tersebut dalam bidang otomotif, Yandex bisa membuat prototipe mobil otonomnya sendiri. 


(MMI)