Penjualan Mobil Bekas

Jual Beli Mobil Bekas Mencapai Rp26 Triliun per Bulan

Ekawan Raharja    •    Kamis, 24 Aug 2017 10:24 WIB
mobil bekas
Jual Beli Mobil Bekas Mencapai Rp26 Triliun per Bulan
Di akhir semester pertama 2017 mencatat harga mobil bekas mengalami penurunan hingga 20 persen. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu situs e-commerce, OLX, merilis data penjualan jual beli mobil bekas dan aksesoris. Mereka mencatat di akhir semester pertama, rata-rata nilai transaksi penjualan mobil bekas dan aksesoris mencapai Rp26,2 triliun per bulan.

Jika dirinci berdasarkan per tiga bulan (kuartal), secara keseluruhan rata-rata nilai transaksi di kuartal kedua 2017 mengalami penurunan dari kuartal pertama 2017. Dia kuartal pertama 2017, rata-rata nilai transaksi penjualan mobil bekas dan aksesoris mencapai Rp29,5 triliun per bulan

"Penurunan ini wajar karena banyak hari libur, sehingga transaksi turun. Perlu diingat juga bahwa nilai tersebut adalah nilai transaksi jual beli mobil bekas dan aksesoris yang terjadi di website kami," Chief Marketing Officer OLX Indonesia, Edward Kilian Suwignjo, di SCBD Lot 8 pada Rabu (23/8/2017).

"Kalau di awal tahun memang banyak yang menjual mobilnya karena banyak yang mengganti dengan mobil baru. Mereka memanfaatkan diskon akhir tahun, sehingga ketika mobil datang di awal tahun, mereka mulai menjualnya," lanjutnya.

Dia mencatat di akhir semester 2017, per bulannya terdapat sekitar 324 ribu iklan jual beli mobil. Sedangkan para pencari mobil bekas mencapai 580 ribu pencarian per bulan.

Pria yang ramah kepada awak media ini juga membeberkan mobil-mobil bekas yang paling banyak dicari di situs jual belinya. Peringkat pertama terdapat Isuzu Panther, kemudian di susul oleh Toyota Corolla, dan Honda Civic. Sedangkan mobil dengan rata-rata penjualan tercepat dipegang oleh Toyota Kijang, disusul oleh Daihatsu Xenia, dan Daihatsu Ayla.

Chief Commercial Officer OLX Indonesia, Agung Iskandar, menyarankan untuk membeli mobil bekas mulai dari pertengahan tahun 2017. Hal ini berdasarkan data yang mereka miliki bahwa rata-rata harga mobil bekas mengalami penurunan hingga 20 persen.

"Melihat data yang ada, kecepatan penjualan mobil di OLX pada kuartal kedua 2017 rata-rata lebih cepat tiga hari dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tahun lalu rata-rata membutuhkan waktu sekitar enam hari, namun sekarang beberapa model seperti Toyota Avanza hanya perlu waktu tiga hari, kemudian Daihatsu Xenia atau Toyota Agya hanya perlu waktu sekitar empat sampai lima hari," tegasnya.


(UDA)