Komponen Otomotif

'Obat Ganteng' Buat Porsche 911 Turbo S

Ekawan Raharja    •    Jumat, 25 Aug 2017 14:06 WIB
porsche
'Obat Ganteng' Buat Porsche 911 Turbo S
Porsche luncurkan pelek racing khusus buat seri 911 Turbo S. Porsche

Metrotvnews.com: Inovasi terus dilakukan Porsche untuk dapat meningkatkan kemampuan produk-produknya. Salah satu inovasi teknologi yang berhasil dikembangkan adalah pelek berbahan karbon.

Anak perusahaan dari Volkswagen Group ini baru saja menciptakan pelek dengan bahan dasar Carbon Fibre Reinforced Polymer (CFRP). Komponen penyangga ban ini diciptakan khusus untuk seri 911 Turbo S.

Secara keseluruhan pelek tersebut berbobot sekitar 8,5 kilogram, 20 persen lebih ringan dari pelek standar. Kemudian penggunaan bahan CFRP juga membuat pelek ini 20 persen lebih kuat dari pelek biasa.

Dengan unsprung weight yang berkurang, roda dapat berputar di atas permukaan jalan dengan lebih baik, dan pelek ini juga dioptimalkan untuk menyerap kekuatan longitudinal dan lateral. Berkat massa perputaran lebih rendah berarti spontanitas meningkat, baik saat melaju cepat atau saat pengereman.

Sayangnya pelek ini khusus di desain untuk 911 Turbo S, dan untuk model lain harus sabar menanti. Untuk ukurannya, tersedia 9 J x 20 inci untuk roda depan dan 11,5 J x 20 inci untuk roda belakang.

Sudah pasti, selain tampilan, komponen yang satu ini juga bakal mampu membuat performa mobil lebih terakomodasi. Mengingat bobot mobil akan turut berkurang dan berdampak terhadap handling kaki-kaki yang lebih baik. Termasuk meringankan kinerja steering system.


(UDA)