Tematis Mobil Mudik

Mau Mudik Pakai Mobil Baru? Segera Beli Sekarang!

Ahmad Garuda    •    Rabu, 24 May 2017 14:49 WIB
mobil baru
Mau Mudik Pakai Mobil Baru? Segera Beli Sekarang!
Beli mobil untuk momentum libur lebaran, pertimbangkan sampai layak jalan lengkap dengan surat-suratnya. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang yang menunggu momentum bulan puasa atau ramadan untuk membeli mobil baru. Menurut pelaku industri otomotif nasional, bahwa masih banyak yang salah kaprah tentang momentum ramadan sebagai momen untuk beli mobil baru buat mudik.

Hal itu ditegaskan langsung Chief Executif Auto2000, Agus Prayitno dalam pernyataannya beberapa waktu lalu. Hampir setiap momentum mendekati ramadan dan libur lebaran, Ia menegaskan bahwa membeli mobil baru untuk keperluan libur lebaran, ada baiknya dilakukan sebelum masuk puasa.

"Karena kita harus mempertimbangkan lamanya kepengurusan surat-surat. Bukan sekadar dapat unitnya saja dan mengatakan sudah bisa digunakan. Bahkan untuk mendapatkan plat nomor sementara saja, pun tetap membutuhkan waktu. Sehingga jika ingin membeli mobil baru untuk kebutuhan libur lebaran, sebaiknya membeli sebelum masuk ramadan," klaim Agus.

Ada juga asumsi tentang membeli mobil baru bertepatan dengan ramadan banyak program khusus penjualan, dinilai tak berpengaruh. Lantaran waktu efektif kepengurusan surat-surat kendaraan, hanya sekitar 20 hari saja. Di atas 20 hari, pegawai yang biasa mengurus surat-surat kendaraan juga sudah libur. Artinya, saat melakukan SPK di awal ramadan, kemungkinan untuk mendapatkan mobil baru yang siap jalan menjelang libur lebaran, kemungkinannya sangat kecil.

"Kalau sudah begini, akhirnya rencana untuk pakai mobil baru saat lebaran datang, tidak kesampaian. Belum lagi untuk urusan hal-hal teknis lain yang walaupun jarang terjadi, namun tetap harus masuk dalam hitungan."

Kalau sudah terlanjur melakukan pemesanan unit, ini akan sulit. Disarankan agar terlebih dahulu melakukan pengecekan berapa lama persyaratan seperti surat-surat resmi kendaraan bakal selesai. Jika diprediksi lebih dari 20 hari, maka penting untuk mempertimbangkan membeli mobil dengan cara lain. Misalnya mobil bekas yang sudah siap langsung jalan dengan proses pembelian yang tidak sampai seminggu.


(UDA)