Mobi Baru

BMW Z4 Concept Debut di California

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 02 Sep 2017 08:45 WIB
bmw
BMW Z4 Concept Debut di California
Debut BMW Z4 Concept roadster di Pebble Beach Concours D’elegance California. Autoguide

Metrotvnews.com: BMW memenuhi janjinya untuk melakukan debut Z4 Concept, di festival otomotif Pebble Beach Concours D’elegance, California, Amerika Serikat (AS), pekan lalu. Ini adalah generasi ketiga model Z4, yang hadir dengan model atap terbuka atau convertible.

Bagian yang menarik adalah, Z4 Concept dibangun berdasarkan platform yang semuanya baru, hasil dari kerja sama dengan Toyota. Meski memiliki bentuk bodi yang lebih bongsor dari pendahulunya, Z4 Concept memiliki bobot sedikit lebih ringan, salah satunya berkat penggunaan convertible hardtop yang terbuat dari bahan kain sederhana.

Menilik tampilannya, Z4 Concept roadster terlihat kompak dan proposional, ini berkat mengadopsi desain roadster klasik, seperti sumbu roda panjang, desain bodi panjang yang rendah dengan bentuk bagian belakang yang ramping.

Desain baru juga nampak dari kisi-kisi khas BMW yang berbentuk seperti ginjal yang terlihat rendah dan lebar, dengan bentuk lampu depan yang memanjang ke belakang, sebagai penghargaan pada BMW Z8.

Dibanding roadsters BMW sebelumnya, Z4 Concept menawarkan posisi duduk yang lebih sentral bagi pengemudi, yang terintegrasi roll bars yang terpasang di belakang jok untuk menonjolkan kesan sebagai mobil yang memiliki estitika atletik.

Fasia depan juga dilengkapi dengan trio intake udara yang besar dan dilengkapi sisipan serat karbon besar. Sementara di atas kap mesin clamshell terdapat ventilasi udara yang didesain seperti insang.

Bergerak ke belakang, lengkungan roda didesain seperti paha yang berotot, kesan itu diperkuat oleh lampu belakang berbentuk L yang tipis, serta tutup dek yang ramping dan pendek. Tak ketinggalan lubang udara besar dengan diffuser serat karbon untuk menambah kesan sporty.

Finishing eksterior dipercantik oleh frozen Energetic Orange, yang menurut BMW kontras dengan cahaya dan bayangan di permukaannya, termasuk pemasangan pelek two-tone, 20 inci, double-spoked.

Bergeser ke bagian interior Z4 Concept yang punya desain unik, berkat pola heksagonal dan motif warna yang berbeda antara bagian jok pengemudi yang berwana hitam dan jok penumpang yang berwarna oranye.

Sayangnya, hingga saat ini pembuat mobil asal Jerman itu belum memberikan bocoran apa yang nantinya bakal dibenamkan di bawah kap mesinnya.

Namun, kabar yang beredar menyebutkan, kemungkinan besar Z4 baru akan menawarkan dua pilihan powertrain. Yaitu mesin turbocharged inline enam silinder dari BMW, dan sistem hibrida yang dipasok oleh Toyota.

Ada kemungkinan lain, jika nantinya rival dari Audi TT Roadster dan Nissan 370z Roadster ini akan tersedia dengan mesin turbocharged 2.0 liter empat silinder, dengan kapasitas tenaga sekitar 200 daya kuda. Termasuk adanya pilhan transmisi manual enam percepatan.

“BMW Concept Z4 mengusung an all-out driving machine, memberikan pengemudi pengalaman berkendara dengan semua ketelitian tertinggi. This is total freedom on four wheels,” kata Senior Vice President BMW Group Design, Adrian van Hooydonk, seperti dilansir Autocar.


(UDA)