Mobil Baru

Ini Alasan Mitsubishi Pakai Penggerak Roda Depan di Xpander

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 14 Aug 2017 20:08 WIB
mitsubishi
Ini Alasan Mitsubishi Pakai Penggerak Roda Depan di Xpander
Mitsubishi Xpander usung roda depan karena disiapkan sebagai mobil penumpang. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, BSD City: Mitsubishi Xpander jadi produk yang membuat banyak orang penasaran saat ini. Dalam pameran otomotif nasional GIIAS 2017 di BSD City, Tangerang Selatan saat ini, mobil itu selalu dikerubungi pengunjung pameran.

Mobil ini menggunakan penggerak roda depan, bukan belakang seperti pemain utama segmen Low MPV Toyota Avanza. Pabrikan tiga berlian punya alasan itu, meski dimensi mobil ini lebih besar dibanding kompetitornya.

"Dimensi mesin dan transmisi lebih ringkas, komponennya zpun tak banyak karena tak ada propeler shaft di kolong mobil. Kabin bisa lebih lega seperti yang dirasakan pengunjung saat melihat mobil ini," kata Departement Head Technical Service Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto.

Boediarto menambahkan penggerak roda depan punya kelemahan, tapi tak akan muncul setiap digunakan. "Seberapa besar digunakan lewat tanjakan ekstrim? Sebenarnya mobil gerak roda depan pun bisa menanjak," ujarnya.

Kemudian alasan lain adalah mobil ini dikembangkan untuk penumpang, yang mayoritas gerak roda depan. Mobil gerak roda belakang faktanya banyak dikembangkan dari mobil komersial. 

Lainnya saat ban mobil terjeblos misal masuk got lebih mudah diatasi. "Jika roda belakang yang jeblos, traksi ada di roda depan. Jika depan yang jeblos, selama ban masih nempel dinding got, tinggal belokkan setir dan injak gas mobil sudah bisa lolos. Ini yang jarang diekspos," katanya lagi.

Xpander hadir dengan lima varian, yakni GLS M/T, Exceed A/T dan M/T, Sport A/T, serta Ultimate A/T. Banderolnya mulai dari Rp189,5 juta hingga Rp245,35 juta, on the road Jakarta.


(UDA)