Mobil Baru

Kupas Tuntas Perawakan New Mazda CX-5

Ekawan Raharja    •    Senin, 17 Jul 2017 19:14 WIB
mazda
Kupas Tuntas Perawakan New Mazda CX-5
New Mazda CX-5 tampil dengan gaya lebih simpel, elegan, namun tetap mempertahankan nuansa sporty khas SUV. EMI

Metrotvnews.com, Nusa Dua: Mazda dalam waktu dekat ini akan meluncurkan New Mazda CX-5 untuk pasar Indonesia. Mobil ini bakal didatangkan langsung secara utuh dari pabrik Mazda di Jepang.

Meski belum dipasarkan di Indonesia, namun mobil ini sudah diperkenalkan kepada awak media beberapa waktu lalu di Malang, Jawa Timur. Tim redaksi Metrotvnews.com juga berkesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana bentuk CX-5 terbaru.

Secara keseluruhan, pabrikan asal Jepang ini bisa dibilang memberikan sentuhan perubahan minimalis (facelift) untuk eksterior, interior, dan juga beberapa fitur tambahan. Meski statusnya hanya facelift, Mazda menjanjikan sensasi berkendara yang berbeda dibandingkan CX-5 yang ada saat ini.

Mazda mengembangkan CX-5 terbaru dengan konsep lebih simpel, elegan, namun tetap mempertahankan nuansa sporty khas sport utility vehicle (SUV). Hal ini mereka ejawantahkan melalui desain eksterior dan interiornya.

Dimensi CX-5 terbaru jika dilihat mengalami sedikit perubahan, atap yang lebih rendah namun panjangnya bertambah. Saat ini dimensi SUV terbaru asal Jepang tersebut memiliki panjang 4.550 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.680 mm. Padahal dimensi awal mobil ini yakni panjang 4.540 mm, lebar 1.840, dan tinggi 1.710 mm.

Sektor rancang bangun juga mendapatkan sejumlah perbaikan dan peningkatan kemampuan. Salah satu efek yang dihasilkan adalah meningkatkan kekedapan di dalam kabin agar penumpang lebih nyaman ketika berkendara.

Melihat tarikan garis desain eksteriornya, mobil ini tampil amat berbeda. Mulai dari pilar A yang buat lebih miring, kemudian garis bingkai jendela yang lebih lurus, serta atap di pilar C dan D yang dibuat lebih menukik. Alhasil atap lebih rendah dan bentuknya hampir menyerupai model coupe.

Kemudian perubahan juga terlihat dibagian bumper depan yang tampil lebih sederhana dengan grill model sarang lebah berukuran besar, garis krom dengan desain signature wing, dan emblem Mazda bergaya 3D.

Sisi sporty ditampilkan dengan lampu utama LED yang di desain tipis dan menyatu dengan grill. Sedangkan foglamps berukuran besar dihapus, diganti dengan foglamps LED yang ukurannya sangat kecil di bagian bawah bumper.

Tidak berbeda jauh dengan bumper depan, di belakang juga tampil lebih minimalis. Hanya saja bumper-nya tampak banyak lekukan sehingga memberikan kesan lebih lebar. Ditambah penggunaan lampu belakang dengan desain yang sipit, menegaskan buritan tampak sangat gendut.

Ukuran pelek masih tidak berubah dengan tetap mengandalkan ring 19 inci. Hanya saja desainnya berubah dan disepuh dengan warna machined gun metallic.

Nuansa di dalam kabin juga mendapatkan sentuhan suasana sporty, elegan, dan lega. Secara keseluruhan kabin dibalut dengan warna hitam. Kemudian dibagian jok dan lingkar kemudi sudah dilapisi dengan bahan kulit.

Perubahan desain juga terjadi di sektor dashboard yang lebih datar. Kemudian pembingkai panel indikator pengemudi dibuat lebih luas, efeknya dashboard jadi lebih tinggi dari versi sebelumnya.

Desain dan stuktur jok juga mendapatkan sentuhan pembeda. Bahkan untuk jok belakang bisa di-reclining hingga dua derajat. Secara total New CX-5 memiliki total bagasi 442 liter, dan bisa ditingkatkan menjadi 1.342 liter jika kursi dilipat.

Sektor entertainment masih menggunakan layar sentuh MZD Conncet, serta dikawinkan dengan perangkat suara Bose. Letak tweeter juga berada di pilar A, sehingga posisinya lebih tinggi dari pada letak sebelumnya yang di atas dashboard.

Rencananya PT Eurokars Motor Indonesia bakal memasarkan New CX-5 dalam dua varian, Gran Touring (GT) dan Elite sebagai varian tertinggi. Keduanya masih dibekali dengan mesin 2.500 cc SKYACTIV bertenaga 187 daya kuda di putaran 6.000 rpm dan torsi 251 Nm di putaran 3.250 rpm.

Semua New CX-5 yang akan dipasarkan bakal dilengkapi dengan suroof, kamera parkir, power lift gate, MZD Connect, electric parking brake with brake auto hold, multi-function commander, smart keyless entery, push start button, dual zone auto climate control, AC belakang, port USB untuk charger gawai, dan rear reclining seat.

Khusus untuk tipe Elite akan mendapatkan tambahan fitur 8-way power driver seat with memory switch, 6-way power fornt passengger seat with seat height adjuster, hi-res full color projecttion type active driving display, dan CD/DVD player. Tak sampai disitu saja, saat dipasarkan nanti konsumen akan mendapatkan front under garnish, rear under garnish, front scuff plates, dan rear scuff plates.

Berbicara fitur keamanan CX-5 sudah dilengkapi sistem adaptive LED headlamps, lane departure warning, blind spot monitoring, lane keep assist, rear cross traffic alert, smart city brake support, driver attention alert, dan rigid safety cell with 6 SRS airbag. Khusus di varian GT, lampu utamanya dibekali fitur adaptive front lighting system.

PT EMI akan menawarkan enam pilihan warna untuk New CX-5 ini, dengan dua warna jagoan mereka yakni Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic. Mereka baru akan memasarkan serta memberitahu harga SUV terbarunya itu di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.


(UDA)