Teknologi Otomotif

Toyota Kembangkan Teknologi Baru Open Source Berbasis Linux

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 02 Jun 2017 14:05 WIB
toyota
Toyota Kembangkan Teknologi Baru Open Source Berbasis Linux
Platform teknologi baru open source berbasis Linux akan tersedia di Camry terbaru. Reuters

Metrotvnews.com: Toyota Motor Corp mengembangkan platform teknologi baru open source berbasis Linux, pada sedan Camry yang bakal dijual di Amerika Serikat (AS). Dikutip dari Reuters, lahirnya inovasi ini karena pembuat mobil Jepang mencoba bersaing, dengan perusahaan teknologi dalam mengembangkan perangkat lunak untuk mobil.

"Ini sangat penting untuk mengurangi overhead pekerjaan duplikasi di antara pemasok kami, sehingga mereka dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk menciptakan hal-hal baru daripada mempertahankan kode fragmentaris," kata group manager of Connected Strategy and Planning at Toyota, Kenichi Murata.

Perusahaan pembuat mobil asal Jepang ini menerangkan, sistem Automotive Grade Linux (AGL) yang dipasangkan di mobilnya memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan dengan perangkat lunak yang ada di sana.

Seperti aplikasi entertainment yang bisa diakses melalui smartphone, termasuk dalam menyimpan data pengguna, jika tidak dapat ditangkap oleh CarPlay dari Apple Inc., atau Android Auto dari Alphabet Inc Google.

Toyota termasuk di antara 10 produsen mobil global yang bekerja sama dengan pemasok dan perusahaan teknologi, untuk membangun AGL dan platform open source dasar.

Sementara itu, perusahaan menjadwalkan sedan Camry terbaru yang telah dilengkapi AGL ini, bakal tersedia di pasaran dalam beberapa bulan mendatang. Tak hanya itu, kedepannya Toyota berencana memperluas platform ini terhadap mobil-mobil Lexus.


(UDA)