Pasar Mobil Bekas

Penurunan Harga Mobil Bekas, Honda Jazz Paling Kecil

Ahmad Garuda    •    Kamis, 21 Dec 2017 08:55 WIB
mobil bekashonda mobil
Penurunan Harga Mobil Bekas, Honda Jazz Paling Kecil
Honda Jazz menjadi mobil yang depresiasi harganya paling kecil untuk kategori mobil bekas di 2017. HPM

Jakarta: Toyota Avanza memang jadi mobil yang paling dicari oleh konsumen atau pun pedagang mobil bekas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Namun untuk urusan depresiasi harga paling kecil berdasarkan data dari OLX Otojurnal, Honda Jazz adalah juaranya.

Data yang berhasil kami himpun dari beberapa sumber penjualan mobil bekas di tanah air, terutama di wilayan Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi, depresiasi harga Avanza bisa mencapai sekitar 20 persen dari harga baru untuk setahun pertama. Sedangkan penurunan harga Jazz, hanya sekitar 5-10 persen saja untuk periode yang sama.

Jika dihitung kasarannya, kita ambil harga Rp200 juta, mengacu terhadap penurunan harga mobil sebesar 20 persen, maka harga jual kembalinya di satu tahun pertama tinggal Rp160 jutaan. Sementara untuk Jazz dari data yang sama, dari harga Rp230 jutaan, maka harga masih akan berada di atas Rp200 juta, tepatnya Rp207 jutaan. Artinya ini menjadi keuntungan tersendisi bagi penggunanya.

Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, bahwa hal ini benar-benar mereka perhatikan. Termasuk desain dan memang alokasi segmennya.

“Resale value masih menjadi salah satu faktor terpenting bagi konsumen di Indonesia saat menentukan pilihan atas mobil baru yang mereka beli. Karena itu, kami selalu berusaha menghadirkan produk yang berkualitas dan didukung layanan purna jual yang baik serta reputasi dan citra produk yang telah diakui," ungkap Jonfis.

Honda berharap dapat tetap memberikan pengalaman memiliki mobil Honda yang menyenangkan bagi konsumen, mulai dari saat membeli, menggunakan, hingga menjual dan membeli mobil kembali.

CEO OLX Indonesia, Olaf Van Schagen menegaskan bahwa melalui momentum ini memberikan kontribusinya, terutama untuk industri mobil bekas. Bagi OLX, industri mobil bekas belum mendapatkan apresiasi yang cukup serius. Padahal, apresiasi adalah bahan bakar untuk meningkatkan kompetensi para pelaku.


(UDA)