Mobil Bekas

Pemilihan Warna Tak Pengaruhi Penjualan Mobil Bekas

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 14 Feb 2018 11:51 WIB
mobil bekas
Pemilihan Warna Tak Pengaruhi Penjualan Mobil Bekas
Warna disebut tak pengaruhi kemudahan menjual mobil bekas. medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Salah satu pertimbangan masyarakat Indonesia saat membeli mobil adalah kemudahan menjual kembali. Namun ada fenomena yang muncul di masyarakat, yaitu mobil dengan warna-warna tertentu akan sulit dijual kembali.

Padahal fenomena itu tak ada hubungannya pada warna mobil dengan mudah tidaknya menjual mobil ini kelak. Hal ini diamini oleh Ketua Bursa Mobil Surabaya, Yusak Hindiarto Jayananta.

"Soal warna ini sulit, kadang orang bilang merah itu sulit dijual, tapi kalau orang madura tidak, warna merah tidak mau beli mereka," katanya saat berbincang dengan medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Yusak menambahkan, dulu warna putih itu tidak laku karena seperti ambulans atau warna standar. "Sekarang putih itu dicari orang, susah memang karena ini soal selera," sambungnya.

Soal warna ini juga tergantung siapa yang menggunakan mobilnya kelak. Warna seperti silver, hitam dan putih biasanya dipilih laki-laki.

Hal lain yang jadi bukti Yusak adalah warna-warna cerah justru laku untuk mobil tertentu. "Orange, merah, kuning, biru laku saja. Tapi kalau orang beli Land Cruiser, pasti pilih hitam biar gagah, ini selera," pungkasnya.


(UDA)