Safety Driving

IMI Dukung Kampanye Aman Berkendara #3500LIVES

Ekawan Raharja    •    Jumat, 17 Mar 2017 14:09 WIB
pelanggaran imigrasi
IMI Dukung Kampanye Aman Berkendara #3500LIVES
IMI juga mendukung kampanye aman berkendara #3500LIVES. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) baru saja meluncurkan kampanye aman berkendara #3500LIVES. Kampanye aman berkendara ini juga mendapat dukungan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai badan yang mengurus olahraga otomotif tanah air.

Ketua Umum IMI, Sadikin Aksa, menjelaskan bahwa kampanye keselamatan berkendara harus dilakukan secara kontinyu. Sehingga masyarakat bisa lebih paham mengenai resiko yang ada di jalan raya.

"Tujuan IMI kali ini adalah untuk meningkatkan awareness masyarkat Indonesia sekaligus mensosialisasikan road safety, maka dari itu kami  akan mendukung program #3500LIVES yang digagas oleh FIA," ucap Sadikin Aksa melalui keterangan resminya.

Presiden FIA, Jean Todt, bersama Ketua Dewan Eksekutif JCDecaux, Jean-Charles Decaux, meresmikan program kampanye yang bertujuan untuk menyebarluaskan pesan tentang keselamatan berkendara tersebut. Kecelakaan lalu lintas seringkali terjadi dan menyebabkan 3.500 nyawa melayang setiap harinya di seluruh dunia, atau 1,25 juta orang meninggal setiap tahun. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi program #3500LIVES oleh FIA.

Kampanye #3500LIVES sendiri mengambil fokus pada sepuluh poin penting, yaitu mematuhi batas kecepatan kendaraan, mengecek ban, tidak diperkenankan menggunakan seluler ketika berkendara, selalu fokus ketika berkendara, menggunakan helm, berhenti ketika merasa lelah, jangan mengonsumsi alkohol, memakai sabuk pengaman, menggunakan isofix untuk kursi balita, serta menggunakan pakaian yang memantulkan cahaya.

Poin-poin tersebut juga dipromosikan oleh berbagai duta FIA, seperti atlet Yohan Blake, Haile Gebrselassie, Antoine Griezmann, Vanessa Low, Rafale Nadal, Wayde van Niekerk. Ada juga nama pembalap Fernando Alonso, Felipe Massa, Marc Marquez, Nico Rosberg, penyanyi Pharrell Williams, aktris Michelle Yeoh, serta politisi Anne Hidalgo.


(GUS)