Mobil Klasik

Ferrari 625 Targa Florio, Satu-Satunya di Dunia

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 16 Apr 2018 07:48 WIB
mobil klasik
Ferrari 625 Targa Florio, Satu-Satunya di Dunia
?Ferrari 625 Targa Florio 1953 usung mesin segaris empat silinder. Carscoops

Italia: Ferrari dikenal sebagai produsen mobil super dan mobil balap asal Italia berperforma tinggi dan  berbasis di Maranello, Italia. Tak heran jika Ferrari banyak memproduksi mesin delapan dan dua belas silinder. 

Namun, ada juga mesin empat silinder yang diproduksi Ferarri. Seperti yang ditanam pada 625 Targa Florio (TF) tahun produksi 1953, yang diproduksi hanya tiga unit di seluruh dunia. Dilansir Carscoops, Ferrari 625 Targa Florio 1953 yang ditunjukan ini satu-satunya unit yang masih tersisa dan berhasil diselamatkan. 

Dengan mengusung mesin DOHC 2,5 liter segaris empat silinder, mobil ini awalnya dirancang oleh Aurelio Lampredi untuk Formula 2. Mobil yang tersinpirasi dari Alberto Ascari legendaris untuk dua kejuaraan back-to-back itu, memiliki desain sasis mobil sport, mesin kompak, jok dua penumpang dan sepasang lampu depat bulat.

Yang menjadikannya terlihat unik adalah adalah bodywork-nya. TF awalnya dibangun oleh Vignale sebagai coupe aerodinamis. Kemudian Enzo Ferrari rupanya tidak terkesan dan telah membangun kembali sebagai roadster

Mobil yang terakhir dari jenisnya itu pun pernah dipakai di Grand Prix dell'Autodromo di Monza dan Coppa d'Oro delle Dolomiti. Pembalap ternama Mike Hawthorn (yang akan menjadi juara F1 pertama Inggris) dan Umberto Maglioli (pemenang tahun 1954 Carrera Panamericana) disebut pernah mengendarainya dan tampil mengagumkan, meskipun tanpa kemenangan besar atas namanya.

Setelah pensiun dari pekerjaannya, mobil tersebut telah melewati beberapa tangan pemilik di Italia dan Amerika Selatan. Hingga akhirnya mobil tersebut mendapat sejumlah perbaikan dan dipulihkan. Sekarang Ferarri 625 Targa Florio 1953 siap dilelang untuk para kolektor.


(UDA)