Tips Knowledge

Antisipasi Cat Mobil Rusak Akibat Hujan Abu

Ekawan Raharja    •    Rabu, 16 May 2018 07:09 WIB
tips knowledge
Antisipasi Cat Mobil Rusak Akibat Hujan Abu
Warga membersihkan mobil yang terkena hujan abu vulkanis di kawasan Kota Gede, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Jumat (11/5). Sejumlah kawasan di DI Yogyakarta dan sekitarnya terkena hujan abu vulkanis pascaletusan freatik Gunung Merapi yang menyemburkan materi

Jakarta: Beberapa daerah di Indonesia terdapat gunung merapi yang aktif, dan bisa menyebabkan hujan abu. Pemilik mobil tentu harus melakukan antisipasi agar mobil tidak rusak, khususnya menjaga cat mobil agar tidak tergores.

Menurut situs resmi Daihatsu, abu vulkanik memilik unsur asam sulfat yang menjadi musuh cat mobil. Zat ini dapat menyebabkan korosi, merusak cat dan dapat menggores kaca mobil.

Jika terjadi hujan abu vulkanik, pemilik mobil wajib melakukan antisipasi terhadap mobil kesayangan. Setidaknya ada empat langkah antisipasi untuk melindungi mobil kesayangan.

Siram Air Secara Hati-Hati
Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan status gunung sudah tidak erupsi dan tidak menyebarkan abu lagi. Jika dirasa sudah aman, bisa mulai menyemprot air ke mobil kamu.

Perlu diingat jangan menggosok permukaan mobil dengan jenis kain apapun, apalagi kain yang berbahan kasar. Karena abu vulkanik memiliki tekstur yang dapat merusak lapisan cat dan kaca mobil.

Tingkatkan Tekanan Air
Periksa bagian ban dan bagian kaki-kaki mobil. Membersihkan kotoran di bagian tersebut sebaiknya meningkatkan tekanan air selang agar memudahkan membersihkan sisa kotoran yang menempel. Saat membersihkan juga harus sabar dan teliti, khususnya membersihkan sela-sela bagian sempit di area bawah mobil.

Gunakan Sampo Mobil
Abu vulkanik mengandung asam, maka siapkan sampo yang biasa digunakan mencuci mobil. Sampo kendaraan yang baik harus memiliki kadar PH yang netral, hal ini juga mampu menjaga kualitas cat mobil.

Setelah merasa sisa-sisa abu vulkanik sudah menyingkir dari bodi mobil. Ulangi langkah ini sekali lagi dengan sampo yang sama dan perhatikan di sela-sela mobil yang ada kemungkinan abu vulkanik mungkin masih tersisa.

Tutup dengan Cover Mobil
Jika yakin sudah bersih, saatnya menutup mobil dengan cover. Cover mobil memiliki fungsi yang baik untuk melindungi mobil dari debu dan kotoran lain yang mungkin saja menghampiri.


(UDA)