Industri Otomotif

Sejarah Panjang Chevrolet di Segmen SUV

Ahmad Garuda    •    Jumat, 29 Jun 2018 18:42 WIB
chevrolet
Sejarah Panjang Chevrolet di Segmen SUV
Sejarah panjang Chevrolet mainkan pasar full size SUV. Chevrolet

Jakarta: Brand otomotif asal Amerika yaitu Chevrolet, terkenal dengan kemampuan mereka membuat produk otomotif yang tren di masanya. Salah satu contohnya adalah sport utility vehicle (SUV) yang hadir pertama kali dengan emblem bowtie.

Chevrolet memulai segmen terlaris di industri otomotif di pasar global itu. Saat itu namanya adalah Suburban Carryall di tahun 1935, sebuah SUV delapan penumpang yang dibangun dengan kerangka truk komersial seberat setengah ton.

Dijual dengan harga awal 675 dolar, tanpa pemanas dan bumper belakang, SUV pertama di dunia ini, jauh berbeda dengan mobil keluarga dengan fitur lengkap yang mendorong pertumbuhan industri otomotif saat ini.

The 1935 Chevrolet Suburban merupakan sebuah “proto SUV”, sebuah truk dengan kabin baja, berdasarkan prototipe yang ditugaskan oleh US National Guard dan Civilian Conservation Corps.

Walaupun istilah SUV belum populer digunakan hingga akhir 1980-an, Chevrolet Suburban Carryal memiliki kursi tiga baris untuk delapan orang dan jendela di setiap sisi mobil. Tapi hanya memiliki dua pintu dan berbeda dengan Trailblazer yang memiliki empat pintu.

Melompat ke tahun 1969, muncullah nama Blazer dengan seri awal K5 Blazer. Penggantinya adalah Tahoe di tahun 1995. Chevrolet K5 Blazer merupakan SUV ukuran terkecil dari keluarga kendaraan Chevrolet C/K, yang terkenal memiliki jarak sumbu roda lebih pendek dibandingkan dengan Suburban yang lebih panjang. Bagian atasnya bisa dilepas untuk membuatnya menjadi lebih konvertibel.

Chevrolet K5 menggabungkan kemampuan off-road dengan fitur-fitur mewah saat itu, seperti AC dan transmisi otomatis. Di tahun 1970, penjualan Chevrolet K5 melampaui para pesaingnya.

Melompat ke nama barunya yaitu Trailblazer yang muncul pertama kali di 1999 sebagai varian tertinggi Blazer, semakin mewadahi pengguna SUV yang ingin kemewahan. Mobil Trailblazer ini diambil dari basis S-10 Blazer, berdasarkan truk pikap S-10 dan diproduksi di rentang tahun 1982-2005.

Kini, setelah Chevrolet memperkenalkan full size SUV itu tahun lalu, kini mereka memboyong All-New Trailblazer menawarkan tenaga yang mumpuni. Kemampuan dalam medan on dan off-road, desain eksterior yang terlihat tangguh serta desain interior yang serba guna dan muat untuk tujuh penumpang dan kargo.


(UDA)