Recall Mobil

Mazda3 Di-recall Gara-gara Tangki Bahan Bakar

Ekawan Raharja    •    Senin, 10 Oct 2016 10:39 WIB
recall mobil
Mazda3 Di-<i>recall</i> Gara-gara Tangki Bahan Bakar
Mazda mengadakan program recall untuk Mazda3. Mazda

Metrotvnews.com, Jakarta: Mazda global kembali mengadakan program recall untuk Mazda3. Alasannya permasalahan di bagian tangki bahan bakar membuat mobil crossover tersebut di-recall.

Menurut Leftlanenews, pabrikan asal Jepang ini menerima laporan kesalahan pengelasan di bagian tangki bensin. Laporan ini langsung ditanggapi dengan melakukan penyelidikan, mengapa bisa terjadi kesalahan saat pengelasan. Hasil penelitian itu menyebutkan bahwa kontrol di fasilitas kurang memadai. Sehingga beberapa tangki tak sempurna beberapa kali di produksi.

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menyebutkan kondisi ini terjadi, lantaran ada pengelasan di pipa resirkulasi dan tangki bahan bakar tidak aman. Kondisi ini dapat menyebabkan kebocoran bahan bakar dan kebakaran.

Sekitar 17,5 ribu unit tahun produksi 2014-2016 akan diperiksa tangki bahan bakarnya. Jika ditemukan masalah, maka tangki akan diganti dengan yang baru.

Kemudian untuk tahun produksi 2016, bagian teknis akan memfokuskan kepada pipa resirkulasi. Saluran tangki akan diganti jika tidak lulus inspeksi.

Namun program ini tak berlaku di Indonesia karena PT Mazda Motor Indonesia tak memasarkan Mazda3. Saat ini PT MMI hanya menjual Mazda2, Biante, Mazda6, CX-5, VX-1, Mazda8, dan BT-50.

Sebelumnya, Mazda global juga sudah mengumumkan recall terhadap 2,3 juta unit diseluruh dunia. Produsen mobil berlogo sayap tersebut melakukan program recall setelah mendapati ada masalah di pintu belakang dan software di mesin diesel.


(UDA)