Industri Otomotif

Kurangi MPV, Mazda Konsen Jualan SUV

Ekawan Raharja    •    Jumat, 14 Jul 2017 19:40 WIB
mazda
Kurangi MPV, Mazda Konsen Jualan SUV
Mazda lebih memfokuskan pengembangan mobil-mobil SUV, termasuk pengembangannya. Mazda

Metrotvnews.com, Nusa Dua: Indonesia bisa dibilang sebagai lumbung penjualan mobil-mobil multi purpose vehicle (MPV). Tapi Mazda Indonesia sepertinya tak ingin masuk ke ceruk pasar yang cukup padat itu. Mereka bahkan tidak "ngotot" berjualan MPV.

Lihat saja saat ini mereka sudah tidak berjualan VX-1 dan penjualan Biante pun tidak agresif. Hal ini karena Mazda memang sedang fokus mengembangkan dan menjual sport utility vehicle.

"Mazda global pun juga sedang fokus mengembangkan model dan pasar SUV. Ini sejalan dengan kita," ucap President Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Roy Arman Arfandy, pada Rabu (12/7/2017) di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Komitmen mereka itu bisa dilihat dari pengembangan model-model SUV milik Mazda. SUV mereka terbilang lengkap mulai dari CX-3, CX-5, dan CX-9 yang akan diperkenalkan ke Indonesia pada awal 2018.

"Kita tidak agresif menjalankan segmen MPV karena teknologi kecanggihan Mazda banyaknya di SUV," tambah Roy.

Meski demikian, bukan berarti Mazda Indonesia menghentikan penjualan MPV. Mereka hingga saat ini masih menjual Biante meski pasarnya semakin mengecil, mengingat masih ada pasar untuk mobil MPV premium.

Saat ini Mazda sudah bermain lagi di pasar low MPV. Terakhir mereka mengandalkan VX-1 untuk melawan Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, ataupun Daihatsu Xenia. Bahkan pasar Low MPV juga semakin seksi karena bakal kedatangan dua pemain baru yakni Mitsubishi XM Concept dan Wuling Confero S dalam waktu dekat.


(UDA)