Motor Baru

Suzuki RM-Z450 Tampil Serba Baru

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 11 Jul 2017 12:38 WIB
suzuki
Suzuki RM-Z450 Tampil Serba Baru
RM-Z450 2018 bakal jadi pemain unggulan dikelas motocross 450cc. Ultimate Motorcycling

Metrotvnews.com: Suzuki baru saja merilis generasi kelima motor garuk tanah mereka yakni RM-Z450 2018. Motocross ini benar-benar baru dengan sasis dan lengan ayun baru, peningkatan performa mesin, pengereman dan ergonomi berkendara.

Motor ini dibangun berdasarkan filosofi Suzuki yang disebut dengan 'The Winning Balance'. Dimulai dari bagian mesin, jantung mekanis 449cc empat tak, DOHC silinder tunggal dipadu transmisi lima percepatan kopling basah.

Jalur masuk menuju ruang bakar didesain ulang, dengan aliran udara yang diperbesar hingga 25 persen. Profil noken as dan pompa bahan bakar juga mendapat penyegaran. Throttle body Mikuni diatur kinerjanya oleh ECM generasi ketiga yang bisa mengolah data lebih cepat.

Beralih menuju sasis, motor ini ditopang sasis twin-spar terbaru yang lebih ringan, berpadu lengan ayun yang lebih rigid. Jarak sumbu roda pun lebih pendek untuk menjamin kelincahan bermanuver, bobot lebih ringan dan pengendalian di tikungan lebih baik.

Suspensi depan berjenis upside down dengan diameter 49 mm dari Showa, dan inilah motocross pertama yang menggunakan suspensi Showa dengan teknologi Showa Balance Free Rear Cushion (BFRC), untuk suspensi belakangnya.

RM-Z450 2018 juga dibekali dengan dua mode berkendara yang dikontrol oleh S-HAC. Mode A untuk mengatur kecepatan mesin, launch control saat start balapan. Mode B mengatur timing pengapian untuk berkendara lebih agresif pada medan tanah. S-HAC dimatikan maka motor akan aktif pada mode berkendara normal.


(UDA)