Tips Mudik Aman

Cek Kaki-Kaki dan Rem Mobil Pra Mudik

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 11 Jun 2017 15:20 WIB
tips mudik
Cek Kaki-Kaki dan Rem Mobil Pra Mudik
Cek kondisi kaki-kaki dan rem mobil pra mudik biar aman dan nyaman saat di jalan. CarScope

Metrotvnews.com, Jakarta: Kenyamanan berkendara merupakan hal yang wajib diperhatikan ketika hendak mudik. Akan terganggu bila muncul bunyi-bunyi aneh pada kaki-kaki atau setir, terutama bila melewati jalan berlubang. Bila sudah mengalami keluhan itu, sebaiknya segera periksa kondisi pada kaki-kaki mobil.

"Ada banyak komponen pada kaki-kaki. Sistem kemudi juga termasuk di dalamnya. Shockbreaker merupakan komponen krusial karena berpengaruh besar pada stabilitas mobil saat bermanuver dan kenyamanan meredam guncangan," ucap Entis mekanik sekaligus pemilik bengkel Cahaya Per di bilangan Bekasi Barat, Jawa Barat, Sabtu (10/6/2017).

Menurut pria ramah ini, peran shockbreaker pada sistem suspensi sangat vital, terutama ketika menempuh perjalanan jauh seperti mudik. Karena mobil harus menopang beban yang berat akibat membawa muatan penumpang dan barang yang lebih banyak.

Contoh komponen tie rod

Cek juga komponen seperti tie rod, long tie rod dan ball joint. Ketiga komponen tersebut berfungsi sebagai pengikat roda dan meneruskan gaya belok dari kemudi. Bila rusak, stir mobil akan terasa kosong, tidak memengaruhi arah mobil meski stir sudah diputar. Ini membuat mobil sulit dikendalikan sehingga tidak stabil saat anda memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.  Bunyi 'klutuk'  terdengar tipis dan terasa di stir. Kondisi ini juga mengakibatkan habisnya ban mobil bagian dalam.

Selain itu, perhatikan juga sistem pengereman, cek mulai dari minyak hingga kampas rem. Periksa ketinggian atau volume dan kondisi minyak rem. Jika kurang, segera tambah sesuai batasannya. Lalu jika kotor sebaiknya kuras dan ganti dengan yang baru. Cek jarak pedal rem saat diinjak, sebagai rujukan apakah sudah tipis atau belum?. Pembersihan bagian ini pun perlu dilakukan, agar rem bekerja optimal saat kecepatan tinggi, beban penuh atau keduanya.
Cek ketebalan kampas rem

Tak kalah penting untuk memeriksa kondisi ban, terutama kedalaman ulir atau kembangan. Lakukan pula spooring dan balancing. Ini penting, karena balancing berfungsi untuk membuat roda bagian depan dan belakang menjadi parallel atau seimbang, sehingga mobil lebih stabil terutama di kecepatan tinggi atau melaju di jalan tol.

Kerusakan komponen tersebut dapat disebabkan usia pakai atau seringnya melewati jalan berlubang serta cara anda mengemudi. Untuk itu pilihlah bengkel yang seharusnya dapat memberikan solusi dan merekomendasikan beberapa dari bagian mobil yang dapat diperbaiki atau pun diganti karena rusak, sehingga konsumen tepat sasaran mengeluarkan biaya perbaikan.

Pengecekan shockbreaker

Untuk menghemat kocek dan biaya lebih murah, rekondisi shockbreaker dapat menjadi alternatif pilihan. Menurut Entis, shockbreaker rekondisi bisa awet dan tahan lama, serta punya kelebihan lain, yaitu dapat disetel tingkat kelenturannya (keras/empuk) sesuai selera pemilik kendaraan. "Namun hasil yang baik dan sesuai yang harapan, harus dikerjakan montir profesional dan benar-benar ahli dalam urusan kaki-kaki mobil."

Penggantian atau perbaikan shockbreaker sebaiknya dilakukan sekaligus sepasang (kiri dan kanan). Penggantian hanya satu shockbreaker kemungkinan akan berbeda kondisi dengan sebelahnya, sehingga feeling di mobil menjadi tidak sama. Untuk servis empat buah shockbreaker dan pengecekan rem, bengkel spesialis kaki-kaki ini menawarkan paket hemat seharga Rp500 ribu, dan jika ingin sekedar konsultasi gratis dapat menghubungi 0813-1947-7279.


(UDA)