Teknologi Otomotif

Bosch Mulai Memetakan Jalur untuk Mobil Otonom

Ahmad Garuda    •    Kamis, 15 Jun 2017 08:54 WIB
autonomous
Bosch Mulai Memetakan Jalur untuk Mobil Otonom
Pemetaan jalur sudah mulai dilakukan Bosch yang bekerja sama dengan Tom-Tom.. Bosch

Metrotvnews.com, Stuttgart: Perusahaan teknologi asal Jerman, Bosch bersama penyedia peta dan informasi lalu lintas asal Belanda, TomTom, mulai memetakan jalur untuk mobil otonom. Meski baru melakukannya untuk Eropa dan Amerika, namun ini jadi bentuk keseriusan mereka untuk merespon mobil dengan sistem autonomous.

Penyedia layanan dan teknologi ini menjadi perusahaan pertama di dunia yang akan menciptakan susunan lokalisasi menggunakan sinyal radar. Sistem tersebut diprediksi sangat diperlukan untuk peta semacam ini. Selama ini, data video telah banyak digunakan untuk kebutuhan tersebut.

Radar road signature dari Bosch terdiri dari miliaran titik refleksi individu. Titik tersebut terbentuk di berbagai tempat yang terkena sinyal radar. Misalnya, pada penghalang jalan atau rambu lalu lintas, mereproduksi jalur untuk mencapai suatu tujuan. Kendaraan otomatis dapat menggunakan peta tersebut untuk menentukan lokasi secara tepat dan sebuah jalur, bahkan hingga perbedaan beberapa sentimeter saja.  

“Radar road signature menjadi tonggak penting dalam upaya menuju pengemudian otomatis. Teknologi ini memungkinkan kendaraan otomatis menentukan lokasi mereka secara akurat setiap saat,” papar anggota dewan manajemen Bosch, Dr. Dirk Hoheisel.

Keunggulan terbesar dari radar road signature milik Bosch adalah kekuatannya. Tidak seperti peta biasa yang hanya mengandalkan data video untuk melokalisasi kendaraan. Radar road signature juga dapat bekerja secara akurat malam hari, serta saat jarak pandang terbatas.

Selain itu, radar road signature milik Bosch hanya mengirimkan data sebesar 5 kilobyte per kilometer ke cloud. Volume data ini dua  kali lebih tinggi ketimbang menggunakan peta video. Diharapkan paling lambat 2020, kendaraan-kendaraan pertama yang hadir akan menyediakan data untuk radar road signature di Eropa dan Amerika Serikat.

“Menyenangkan bisa memperkenalkan data lokalisasi pelengkap berupa radar road signature melalui kemitraan dengan Bosch. Ini akan membuat kemampuan self-localization pada kendaraan otomatis jauh lebih kuat dalam segala hal,” ungkap CEO TomTom Harold Goddijn.


(UDA)