Industri Otomotif

Dugaan Kartel, Lima Merek Mobil Asal Jerman Diinvestigasi

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 25 Jul 2017 08:45 WIB
industri otomotif
Dugaan Kartel, Lima Merek Mobil Asal Jerman Diinvestigasi
Emisi mesin diesel menjadi kendala tersendiri untuk pabrikan mobil. Wall Street Journal

Metrotvnews.com: Uni Eropa secara resmi membuka investigasi terkait dugaan kartel yang dilakukan lima pabrikan mobil asal Jerman. Kelima pabrikan tersebut adalah Volkswagen, Audi, Porsche, BMW dan Mercedes-Benz.

Dugaan kartel yang dilakukan kelimanya bukan terkait persekongkolan harga, namun pada kecurangan mereka untuk memenuhi standar emisi mesin diesel mobil-mobil mereka.

Uni Eropa mendapatkan informasi dari salah satu mantan karyawan Volkswagen, bahwa ada lima pabrikan yang bekerjasama membuat software khusus yang mampu mengakali emisi mesin diesel.

Dilaporkan Autocar, mereka membuat software ini mampu memanipulasi data emisi, ketika mobil sedang menjalani uji emisi. Sedangkan saat berkendara normal, emisi yang dihasilkan melebihi ambang batas.

Pembicaraan untuk membuat software ini sudah dilakukan sejak 1990-an. Sang sumber juga menyebutkan adanya rapat tertutup yang diikuti sekitar 200 orang dari lima merek mobil tersebut.

Jika skandal ini terbukti, maka kasus ini akan jadi kasus terbesasr bagi industri otomotif. Sejauh ini VW, Audi dan Porsche terbukti menggunakan software tersebut, sedangkan Mercedes-Benz dan BMW tidak.


(UDA)