Program APM

Daihatsu Terios Eksplorasi Budaya Halmahera Barat

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 20 Jul 2017 12:41 WIB
daihatsu
Daihatsu Terios Eksplorasi Budaya Halmahera Barat
Terios 7 Wonders kenalkan kearifan lokal budaya Halmahera Barat. ADM

Metrotvnews.com, Jailolo: Menjelajah guna mengeksplorasi suatu daerah kerap kali dilakukan secara individual maupun oleh tim. Salah satu yang dilakukan Tim Terios 7 Wonders “Wonderful Moluccas” adalah mengajak peserta merasakan kearifan budaya Desa Sasadu, di Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat.

Dalam ekspedisi kali ini, sebanyak 15 peserta yang berasal dari jurnalis, blogger dan Tim Terios 7 Wonders, menggunakan 4 unit Terios R Adventure yang terdiri dari 1 Terios MT dan 3 Terios AT.
    
Dalam keterangan resminya disebutkan, perjalanan ini menempuh jarak 176 kilometer (km), dengan rute Wasile – Sofifi – Jailolo. Tim Terios 7 Wonders – Wonderful Moluccas yang tiba di lokasi disambut kehangatan warga Desa Sasadu dengan Tarian Dabi-dabi, kemudian tim diajak berkeliling oleh kepala adat, Thomas Salasa.

Pengalaman menarik dari perjalanan ini adalah, Tim Terios 7 Wonders “Wonderful Moluccas” berkesempatan melihat rumah adat Sasadu. Rumah adat Sasadu merupakan warisan budaya turun temurun kepada Suku Sahu di Halmahera Barat. Kegiatan lainnya diisi degan memberikan Donasi 110 perlengkapan sekolah di Sekolah Dasar di Marikumbu, Ternate.

Usai merasakan keramahtamahan Suku Sahu, tim ekspedisi Terios 7 Wonders – Wonderful Moluccas melanjutkan perjalanan sejauh 144 km ke Tobelo di Halmahera Timur. selanjutnya tim akan melanjutkan ekspedisi ke Pulau Morotai.

“Kami senang semuanya menikmati perjalanan ke Desa Sasadu. Semoga perjalanan Wonderful Mollucas memberi kenangan tak terlupakan bagi peserta. Terios terbukti sebagai sahabat di perjalanan. Kami berharap, kearifan Desa Sasadu dapat menyebar ke seluruh masyarakat Indonesia, ” ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra.


(UDA)