Teknologi Otomotif

Google Mulai Riset Truk Otonom

Ekawan Raharja    •    Senin, 05 Jun 2017 13:22 WIB
teknologi otomotif
Google Mulai Riset Truk Otonom
Waymo menjadi divisis khusus yang dibentuk Google untuk mengembangkan teknologi otonom. Waymo

Metrotvnews.com: Perusahaan teknologi Google tampaknya sangat sibuk untuk mengembangkan kendaraan otonom atau kendaraan tanpa supir. Selain mengerjakan mobil otonom, mereka nyatanya sedang mengembangkan truk otonom.

Dilansir dari Motor1, truk masa depan ini juga dikerjakan oleh Waymo. Waymo merupakan divisis khusus yang dibentuk oleh Google untuk mengembangkan teknologi otonom.

Divisi khusus ini mengumumkan proyek pengembangan truk masa depan ini pada 1 Juni 2017. Bahkan mereka membeberkan pengembangkan truk ini memerlukan waktu sekitar delapan tahun, untuk menyelaraskan hardware dan software.

Perusahaan berbasis di Amerika Serikat tersebut menilai kendaraan komersial juga perlu mendapatkan teknologi otonom. Terlebih untuk truk-truk yang melayani rute dengan jarak tempuh yang jauh.

Pengoperasian teknologi tanpa supir ini diharapkan dapat membuat perjalanan lebih lancar. Sehingga sekor logistik dan ekspedisi dengan truk semakin menjanjikan di masa mendatang.

Namun Waymo bukanlah perusahaan pertama yang mengembangkan truk canggih tersebut. Sebelumnya sudah ada Otto yang sudah mengembangkan truk berteknologi otonom.

Bahkan mereka sudah melakukan uji jalan di Nevada. Truk uji coba tersebut membawa muatan 50 ribu kaleng bir.


(UDA)