Test Drive

Susuri Malam Jakarta Pakai Civic Hatchback Turbo

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 19 Jun 2017 18:46 WIB
honda mobil
Susuri Malam Jakarta Pakai Civic Hatchback Turbo
Civic Hathcback Turbo mengingatkan akan Civic Estilo yang legendaris d Indonesia. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Civic Hathcback Turbo, menyusul kehadiran Civic Turbo sejak 2016 lalu. Sekilas tak ada perbedaan dengan tipe sedan, selain buritannya yang lebih pendek. Tapi dari sisi prestise, banyak yang menganggap bahwa tipe hatchback ini memang punya aura tersendiri.

Kami pun mendapat kesempatan menjajal mobil seharga Rp399 juta (tipe S) dan Rp438 juta (tipe E) tersebut. Mobil ini hadir dengan enam pilihan warna, rallye red, crystal black pearl, lunar silver metallic, white orchid pearl, sonic gray pearl dan moddern steel metallic.

Mengamati sisi eksterior, desainnya dibuat lebih sporty ketimbang versi sedan. Honda ingin menyasar pasar eksekutif muda, sekaligus membangkitkan kenangan akan Civic Hatchback terdahulu seperti Civic Estilo.

Wajahnya sporty dan agresif dengan dukungan lampu full LED untuk tipe E dan projector untuk tipe S. Seluruh varian juga dilengkapi dengan daytime running light, serta side positioning lamp dekat fender depan.

Bagian belakang mengusung bentuk lampu yang sama dengan versi sedan. Bedanya terdapat semacam dua buah spoiler kecil, satu di atas lampu dan satu lagi diujung atap. Pelek 17 inci yang diusungnya dibuat dengan nuansa 'racing', meski berkesan biasa saja.

Masuk interior, desain dashboard mewah dengan konsep Daring ACE Design. Konsep ini padukan material apik, konsol tengah yang mudah digunakan serta posisi berkendara nyaman. Meter cluster tampil atraktif, dengan banyak informasi di dalamnya. Desainnya persis versi sedan.

Jok pengemudi sudah menggunakan pengaturan elektrik delapan arah untuk tipe E. Tipe S cukup enam arah pengaturan manual. Pengendali penyejuk udara didesain modern dan otomatis. Area setir denga audio steering switch

Soal mesin, kami tak bisa mengeksplorasi dapur pacu berkapasitas 1.500 cc VTEC Turbo karena kondisi jalan yang padat. Namun sekali menemukan jalan sepi, kami melakukan kick down dan semburan tenaga serta torsinya lebih dari cukup.

Lagi-lagi karena kondisi jalanan yang tak memungkinkan, kami tak sempat memainkan paddle shift. Pada versi sedan yang sudah kami rasakan, posisi gigi otomatis bisa kita ambil alih. Hal ini memudahkan mendapat tenaga untuk melibas tanjakan panjang.

Mesin yang diusung identik dengan versi sedan. Tenaga puncaknya mencapai 170,6 daya kuda diputaran 5.500 rpm, muntahan torsi mencapai 220 Nm pada rentang putaran mesin 1.700-5.500 rpm. Transfer tenaga menuju roda dengan transmisi otomatis CVT.

Unsur kesenangan berkendara juga didukung dengan fitur audio dengan layar sentuh tujuh inci. Ada pula fitur rem tangan elektrik, memudahkan saat macet dan berhenti, dan tak ketinggalan sistem keyless entry.

Honda menargetkan penjualan Civic Hatchback Turbo tak terlalu banyak. Hanya diangka 1.500 unit sepanjang tahun 2017 ini.


(UDA)