Tips Knowledge

Cara Tepat Menambah Air Radiator

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 04 Apr 2018 09:44 WIB
tips knowledge
Cara Tepat Menambah Air Radiator
Rutin periksa kondisi air radiator jaga temperatur mesin normal. letsfixit.co.uk

Jakarta: Penting menjaga sistem pendinginan mobil berfungsi optimal, tujuannya untuk menjaga supaya temperatur mesin dalam kondisi yang ideal. Salah satunya adalah radiator, jangan biarkan kondisi radiator kekurangan air hingga menyebabkan mesin overheat/panas dan mobil Anda mogok. Untuk itu ada baiknya pemilik mobil mengenal dan mengetahui fungsi dan cara merawat radiator.

"Untuk mobil keluaran tahun baru atau lama, perlakuannya sama. Minimal seminggu sekali diharuskan mengecek kondisi air yang terdapat di radiator. Pengecekan dilakukan karena panas yang berasal dari radiator dan mesin akan mengurangi ukuran air akibat dari penguapan," beber Fahmi owner Fahmi Jaya Motor di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Radiator adalah alat penukar panas yang digunakan untuk memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainnya yang tujuannya untuk mendinginkan mesin. Radiator yang terdapat pada mobil biasanya terletak di bagian depan mesin dan terdapat kipas pendingin agar mendapatkan pendinginan yang maksimal.

Fahmi menjelaskan, bahwa penambahan dilakukan dengan cara mengisi tempat penampungan air cadangan radiator sesuai dengan garis yang ada di tabung penampungan. "Jangan mengisi air kurang atau melebihi garis yang di tentukan pada tabung air cadangan."

Ukuran tersebut dirancang untuk menyisakan ruang yang berfungsi untuk sirkulasi penguapan pada saat kondisi mesin panas. Jika anda mengisi air terlalu penuh atau kurang, akan menyebabkan proses penguapan menjadi tidak maksimal.

Selanjutnya periksa air pada radiator. Buka tutup radiator, jika tidak berkurang anda tidak perlu mengisi air pada radiator.


(UDA)