Mobil Baru

Freed Stop Produksi, Honda Siapkan Versi Anyar

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 18 Sep 2016 09:39 WIB
honda motor
Freed Stop Produksi, Honda Siapkan Versi Anyar
Indonesia jadi basis produksi Freed untuk Asia Tenggara. Istimewa

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran Toyota Sienta sejak April lalu disiapkan berduel dengan Honda Freed yang sudah bermain di segmen MPV pintu geser sejak 2009 hingga 2016 ini. Tapi ternyata, produksi Freed di Indonesia sudah sejak beberapa waktu lalu.

Penghentian produksi dilihat dari data GAIKINDO sudah sejak Juni kemarin. Distribusi terakhir terjadi pada Mei, itu pun tercatat hanya 4 unit saja, dari total 76 unit pada bulan sebelumnya. 

Saat mencoba konfirmasi, pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan memang sudah dihentikan. "Ya sudah stop produksi," kata Corporate Communication Manager HPM, Joseph Swasono Agus lewat pesan singkatnya. 

Namun saat disinggung apakah ini berkaitan dengan kehadiran Freed generasi baru di Jepang, Joseph menolak menjawab. Freed terbaru dikabarkan tak lama lagi rilis pertama untuk pasar Jepang, dan foto mobil dimaksud sudah banyak beredar.

Indonesia menjadi negara kedua yang memproduksi Freed setelah Jepang. Produksi dilakukan di pabrik Karawang, Jawa Barat, yang juga menjadi basis produksi Freed untuk kawasan Asia Tenggara.

Apakah penghentian produksi ini karena HPM tengah menyiapkan jalur produksi untuk Freed terbaru di Karawang? Siapa yang tahu.


(UDA)