Teknologi otomotif

Mobil Otonom Bakal Manfaatkan Kemera CCTV

Ekawan Raharja    •    Minggu, 10 Sep 2017 21:05 WIB
teknologi otomotif
Mobil Otonom Bakal Manfaatkan Kemera CCTV
Google Waymo. Google

Metrotvnews.com: Pengembangan mobil otonom atau mobil tanpa supir terus dilakukan. Bahkan mobil masa depan ini bakal memanfaatkan sistem kamera CCTV untuk meningkatkan kemampuan berkendaranya.

Hal ini yang coba dilakukan sebuah perusahaan lokal di Inggris yakni FiveAl. Mereka baru saja menggelontorkan dana senilai USD34,9 juta atau lebih dari Rp460 miliar untuk mengembangkan sistem baru yang membuat mobil otonom dapat terintegrasi dengan kamera CCTV.

Mereka menilai pemanfaatan kamera CCTV dapat menambah keterbacaan mobil otonom terhadap jalanan. Tentu mobil otonom yang sudah dikembangkan saat ini, khususnya Google, sudah dilengkapi dengan LiDAR, radar, kamera, dan sensor suara.

Chief Executive FiveAI, Stan Boland, menjelaskan kepada Wired bahwa cara mengemudi suatu masyarakat di setiap kota berbeda-beda. Sistem harus bisa segera mengenali cara manusia bereaksi dari berbagai situasi. Salah satu cara adalah dengan pemanfaatan kamera CCTV yang sudah ada di perkotaan.

FiveAI percaya bahwa cara membaca CCTV dari atas bisa memberikan simulasi untuk komputer. Cara ini akan sangat efektif untuk memperkirakan berbagai situasi, khususnya saat di persimpangan.

"Kami inginkan mobil otonom dapat mempelajari perilaku manusia dengan cara mengobservasinya," tutup Stan seperti dikutip dari Carscoops.


(UDA)