Mobil Baru

Jadi fastback, Hyundai i30N Kian Agresif

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 05 Aug 2017 08:16 WIB
mobil baruhyundai
Jadi <i>fastback</i>, Hyundai i30N Kian Agresif
Hyundai i30N dijadwalkan mulai dipasarkan di Eropa pada awal 2018. (Hyundai)

Metrotvnews.com: Belum genap satu tahun i30 melanglang di segmen hatchback, pekan lalu Hyundai mengumumkan siap meluncurkan i30N pada awal 2018. Versi performa tinggi dari small sedan tersebut tampil dalam gaya fastback yang lebih memancarkan aura sporty.

Perubahan drastis desain buritan, membuat ketinggian ketinggian i30N jadi lebih pendek 2,5 sentimeter dan panjang total menjadi lebih panjang 11,5 sentimeter dibanding i30. Sedangkan ground clearance berkurang 1,5 sentimeter. Detail lain adalah grill baru yang sporty dan penambahan kisi-kisi.

Selain itu tidak ada perubahan mencolok. Namun tongkrongan i30N tidak kalah keren dibanding Audi A5, BMW 4 series GT dan Mercedes C-Class coupe yang jauh lebih tinggi harganya.



Sedangkan perubahan yang tidak kasat mata, adalah suspensi dan chasis baru yang Hyundai klaim 15 persen lebih rigrid. Suspensi dan chasis baru ini menyesuaikan karakter trengginas mesin turbo empat silinder 1.4 liter yang menghasilkan 138 daya kuda atau tiga liter 1.0 liter yang menghasilkan 119 daya kuda agar stabil lebih saat melaju dalam kecepatan tinggi dan di tikungan tajam.

Dua varian mesin tersebut ditawarkan dengan gearbox manual enam kecepatan dan matic dual clutch tujuh percepatan. Hyundai juga menyematkan fitur cruise control adaptif yang bekerja hingga kecepatan 180 km/jam, peringatan blind spot dan lane keeping.

lihat juga: Mengintip Hyundai i30N fastback

Kemampuan konektifitas Apple CarPlay dan Android Auto tetap menjadi standart interior i30N yang desain dan layout-nya sama persis dengan i30. Bedanya kualitas kulit bahan pelapisnya telah ditingkatkan.



Oh ya, huruf N di belakang i30 merupakan kode dari Nurburgring, sebuah sirkuit balap berkarakter highspeed di Jerman. Sama seperti mobil lain yang menyematkan embel-embel tersebut, kode tersebut menandakan bahwa mobil dikembangkan di sirkuit yang oleh FIA bahkan dinilai terlalu berbahaya bagi balap Formula 1 itu.

Hasil dari pengembangan tersebut adalah mobil dengan performa tinggi. Pasangan ideal dari mesin bertenaga melimpah adalah chasis dan suspensi yang lebih rigrid demi menjaga stabilitas mobil. Mobil yang menggunakan suspensi rigrid jelas bukan tunggangan yang nyaman di jalan raya bergelombang dan berpolisi tidur.

 

 


(LHE)