Penjualan Mobil Bekas

Tiga Hal yang Pengaruhi Harga Mobil Bekas

Ekawan Raharja    •    Jumat, 25 Aug 2017 14:50 WIB
mobil bekas
Tiga Hal yang Pengaruhi Harga Mobil Bekas
Sejumlah faktor dapat mempengaruhi harga mobil bekas di pasaran. Doc MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasar mobil bekas terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Begitu juga dengan harga mobil bekas yang semuanya ditentukan oleh karakteristik pasar.

Chief Marketing Officer OLX Indonesia, Edward Kilian Suwignjo, melihat bahwa beberapa faktor yang dapat menentukan harga mobil bekas. Pria yang ramah ini menarik kesimpulan berdasarkan data-data jual-beli mobil bekas di website e-commerce yang dipimpinnya tersebut.

Faktor pertama yang dapat mempengaruhi harga mobil bekas adalah hadirnya mobil baru. Kehadiran mobil baru tentu akan sedikit banyak mengalihkan minat konsumen mobil bekas

"Tetapi perlu diingat mobil baru ini haruslah memiliki jumlah volume yang besar. Jika mobil baru tapi volume penjualannya sedikit, tentu tidak akan banyak berpengaruh terhadap mobil bekas," ucapnya di Lot 8 SCBD Senayan Jakarta.

Faktor kedua yang dirasa paling mempengaruhi harga mobil bekas adalah diskon mobil bekas. Semakin besar diskon yang diberikan tentu akan sangat berpengaruh terhadap harga mobil bekas.

"Kalau dealer memberikan diskon yang besar, misalkan sampai lima puluh juta, tentu konsumen akan berpikir dan akan lebih menguntungkan beli mobil baru," sambungnya.

Sedangkan faktor ketiga adalah promo dari lembaga pembiayaan (leasing). Jika leasing dapat memberikan promo cicilan, bunga pinjaman, dan jangka peminjaman yang lama tentu akan menarik konsumen untuk membeli mobil baru. Sehingga harga mobil bekas pun harus menyesuaikan agar bisa bersaing dengan mobil baru.


(UDA)