Teknologi Otomotif

Nissan Siap Boyong e-Note jika Regulasi Mendukung

Ahmad Garuda    •    Senin, 28 Aug 2017 16:21 WIB
nissan
Nissan Siap Boyong e-Note jika Regulasi Mendukung
Nissan sudah siapkan e-Note jika regulasi di Indonesia sudah ada. NMI

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam pernyataan resminya sudah mendukung percepatan teknologi otomotif di Indonesia. Yaitu teknologi penggerak mesin listrik untuk alasan hemat energi dan ramah lingkungan.

Namun regulasi dan detailnya hingga saat ini belum juga ada. Sehingga para pelaku industri otomotif nasional, masih belum yakin kapan mereka akan fokus mengembangkan mobil listrik untuk pasar nasional.

Nissan melalui e-Note berteknologi e-Power adalah mobil yang diposisikan sebagai mobil mesin penggerak dari motor listrik. Meski punya mesin konvensional, namun roda penggeraknya tak langsung dari mesin pembakaran internal. Berbeda dengan mesin hybrid yang keduanya bisa menggerakkan roda.

"Kami tinggal menunggu regulasi resmi dari pemerintah tentang mobil listrik ini. Tapi sebelum regulasi itu keluar, kami siap memberikan pilihan kepada konsumen bahwa karakter berkendara mobil listrik itu seperti ini adanya. Yaitu melalui e-Note yang punya basis penggerak motor listrik. Mesin konvensional yang ada di dalamnya hanya membantu motor listrik melakukan tugasnya," klaim Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Eiichi Koito.

Koito melanjutkan bahwa pihaknya saat ini tidak bisa berbicara banyak tentang mobil listrik, mengingat regulasinya saja belum ada. Tapi untuk mobil ramah lingkungan, mereka sudah siapkan e-Note. Artinya ini akan jadi batu loncatan ke arah mobil listrik. Ia juga menggarisbawahi soal regulasi yang tidak memberatkan konsumen, agar kesuksesan penjualan mobil ramah lingkungan bisa tercapai.

"Kami berharap nanti regulasi mobil ramah lingkungan turut mendukung program penjualan otomotif nasional. Sehingga mobil ini bisa diterima. Tapi kalau regulasi juga tidak memihak, akan susah juga menjual mobil ramah lingkungan di pasar nasional."

Sekilas tentang Nissan e-Power, adalah teknologi mesin yang sudah ramah lingkungan. Mesin listriknya disupport penuh oleh mesin pembakaran internal untuk mendapatkan efisiensi. Sehingga roda digerakkan sepenuhnya oleh motor listrik. Wajar jika konsumsi bahan bakarnya mencapai 37 km per liter.


(UDA)