Mobil Baru

Bus Double Decker Setra S 531 DT, Utuh Buatan Daimler

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 10 Jul 2017 18:34 WIB
bus tingkat
Bus Double Decker Setra S 531 DT, Utuh Buatan Daimler
Bis Setra langsung diracik mulai dari sasis hingga bodinya. Daimler

Metrotvnews.com: Demam bus tingkat alias bus double decker sedang seru-serunya di Indonesia. Jika di Indonesia pabrikan hanya menyiapkan sasis, dan bodi dikerjakan karoseri dengan beragam fasilitas pendukung, maka di Eropa ada Setra.

Bus racikan Daimler ini dibuat utuh mulai dari sasis hingga bodi, tanpa melibatkan pihak karoseri. Bus ini merupakan versi facelift generasi ketiga (S 431 DT), yang mulai dijual sejak 2003 dengan penjualan mencapai 2.300 unit.

Panjang bodi keseluruhan mencapai 14 meter, bis ini hadir dengan 83 kursi penumpang, dengan fasilitas penunjang perjalanan seperti toilet, dan dapur kecil dilantai bawah.

Para insinyur Daimler Buses telah mengembangkan desain baru inovatif untuk keseluruhan konstruksi perakitan utama dan seluruh substruktur, untuk menciptakan ruang di antara as roda, untuk menambah fleksibilitas bis ini.

Bicara fitur keselamatan, bus ini dilengkapi rem darurat active brake assist 4, yang bisa mendeteksi pejalan kaki dan bis akan mengerem secara otomatis. Daimler buses juga melengkapi Setra S 531 DT dengan sideguard assist untuk meminimalkan blind spot pengemudi.

Soal sumber penggerak, mesin OM471 12.800 cc enam silinder segaris disematkan dengan standar Euro6. Mesin ini mampu hasilkan tenaga 510 daya kuda, dengan torsi 2.500 Nm.


(UDA)