Mobil Bekas

Jualan Mobil Bekas di Koran Tak Efektif Lagi

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 19 Dec 2017 13:19 WIB
penjualan mobil
Jualan Mobil Bekas di Koran Tak Efektif Lagi
Menjual mobil bekas kini lebih cepat lewat situs online.Dok. Medcom

Jakarta: Dulu, ketika seseorang ingin menjual mobil miliknya, maka dia akan memasang iklan terkait mobil yang dijualnya lewat media cetak. Hanya butuh beberapa hari saja, mobil kesayangan sudah berpindah tangan.

Tapi di era digital seperti ini, hal tersebut bisa dikatakan sudah lewat. Menjual mobil lewat koran tak lagi efektif, hal ini dikatakan langsung oleh Yusak Hindiarto Jayanata, Ketua Bursa Mobil Surabaya.

"Dulu, untuk menggenjot penjualan mobil bekas, saya pasang iklan di koran yang berkuasa di daerah saya. Nah kalau sekarang tidak ngefek," katanya di SCBD, Jakarta beberapa waktu lalu.

Kini penjualan mobil bekas banyak beralih melalui platform jual-beli online. OLX misalnya, ada sekitar 150 ribu orang menjual mobil bekasnya setiap bulan.

Lewat situs jual-beli ini pula, calon pembeli bisa langsung membandingkan kondisi mobil incaran, berikut harga dan pilihan warnanya, tanpa harus berlelah diri mendatangi dealer mobil bekas satu per satu.

Berdasarkan survei yang diadakan OLX, sebanyak 29 persen responden ingin membeli mobil di kuartal pertama 2017. Dari total yang ingin membeli mobil, 77 persen di antaranya tertarik terhadap mobil bekas, dan pembayaran secara tunai mendominasi hingga 55 persen.


(UDA)