Mobil Baru

Mazda MX-5 Hard Top Lebih Klop daripada Soft Top

Ekawan Raharja    •    Rabu, 25 Oct 2017 18:31 WIB
mazda
Mazda MX-5 Hard Top Lebih Klop daripada Soft Top
Mazda Indonesia hanya memasarkan MX-5 RF. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Mazda Indonesia baru saja memasarkan MX-5 ke pasar otomotif tanah air. Tetapi sayangnya mereka hanya memperkenalkan MX-5 model hard top, tidak dengan soft top.

Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia, Roy Arman Arfandy menjelaskan, pemasaran model hard top sudah sesuai dengan riset mereka. Menurutnya juga model hard top lebih sesuai dengan kondisi di Indonesia, ketimbang model soft top.

"Kita liat kondisi yang paling cocok untuk Indonesia itu hard top. Kalau oft top kita lihat tidak cocok untuk Indonesia," jelasnya di sela-sela acara Mazda Power Drive di Epicentrum Kuningan Jakarta.

Salah satu alasan yang membuat model hard top lebih cocok adalah kondisi cuaca di negara ini. Indonesia di wilayah tropis memiliki curah hujan yang cukup tinggi, dan dalam kondisi hujan model canvas akan sedikit menggangu berkendara.

"Kalau model hard top ini kan enak, kenyamanan berkendara di dalam, noise reduction cukup terjaga kalau model hard top," sambutnya lagi.

Namun bukan berarti PT EMI menutup diri untuk memboyong dan memasarkan MX-5 model soft top. "Sekarang kita lihat dulu sekalian di-tes animonya seperti apa."

Secara keseluruhan baik desain dan mesin yang digunakan kedua model ini tidaklah berbeda. Hanya saja model MX-5 RF yang menggunakan atap hard top lebih berat 50 kilogram dibandingkan dengan MX-5 Convertible beratap soft top.

Di bawah kap mesin terbaring SKYActiv-G 1.998 cc bertenaga 160 daya kuda dan torsi 200 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda dengan transmisi 6-percepatan otomatis yang dilengkapi kontrol manual.

Bagi yang berminat dengan mobil ini bisa meminangnya dengan banderol Rp779,8 juta.


(UDA)