Mobil Baru

Ferrari 812 Superfast, si Penerus F12 Berlinetta

Ekawan Raharja    •    Selasa, 24 Oct 2017 16:16 WIB
ferrari
Ferrari 812 Superfast, si Penerus F12 Berlinetta
812 Superfast kini sudah mulai dipasarkan di Indonesia. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com: Ferrari Indonesia akhirnya memperkenalkan generasi terbaru mobil dengan mesin V12, yakni 812 Superfast. Mobil yang muncul pertama kali di Geneva Motor Show 2017 ini menjadi penerus F12 Berlinetta dan F12TDF.

812 Superfast diklaim lebih baik dari generasi sebelumnya. Mulai dari tenaga, desain, dan fitur yang ditawarkan lebih baik dari F12 Berlinetta.

"Kami dengan bangga memperkenalkan Ferrari terkuat dan tercepat sepanjang sejarah, 812 superfast, untuk pecinta Ferrari di Indonesia. Ferrari jenis baru ini dapat dipastikan menjadi mobil V12 bermesin depan terbaik di Indonesia," ujar CEO Ferrari Jakarta, Arie Christopher, di Wisma MRA Cilandak Jakarta.

Secara tenaga, 812 Superfast dibekali dengan mesin V12 baru yang lebih bertenaga. Jika sebelumnya V12 Ferrari berkubikasi 6.200 cc, maka mesin baru ini lebih besar menjadi 6.500 cc dengan pasokan tenaga daya 789 kuda dan torsi 718 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang dengan gearbox 7-percepatan F1 Dual-Clutch. Alhasil akselerasi 0-100 kilometer per jam bisa dicapai cuma dengan tempo 2,9 detik.

Kemudian bagian desain dibuat sedemikian rupa untuk meningkatkan sisi aerodinamis dan koefisien drag. Seperti lekuk bodi dengan air scoop untuk mengalirkan udara dengan baik hingga ke belakang. Kemudian ditunjang dengan empat buah lampu bulat di belakang, penutup bagian bawah aktif untuk mengatur laju udara, serta sayap belakang dengan aerodynamic by-pass.

Sedangkan berbicara fitur sudah dilengkapi dengan electronic power steering (EPS) dan sistem virtual short whaleebase 2.0 untuk meningkatkan handling roda belakan. Keseluruhan fitur elektronik ini terintergrasi dengan dinamika sistem kontrol kendaraan dengan tujuan untuk meningkatkan kelincahan dan waktu respon kemudi.

812 Superfast kini sudah bisa dipesan di Ferrari Jakarta. Diperkirakan sportcar ini akan sampai di tangan konsumen pada 2018.


(UDA)