Kegiatan Otomotif

Bridgestone & ASEAN NCAP Kampanye Keselamatan Berkendara

Ekawan Raharja    •    Rabu, 14 Nov 2018 17:18 WIB
bridgestonekegiatan otomotif
Bridgestone & ASEAN NCAP Kampanye Keselamatan Berkendara
ASEAN Automobile Safety Forum 2018 adalah kursus pelatihan keselamatan berkendara pertama yang diinisiasi ASEAN NCAP. Forwot

Karawang: Bridgestone Indonesia dan New Car Assessment untuk Asia Tenggara (ASEAN NCAP) melalukan kolaborasi mengenai sosialisasi keselamatan berkendara. Keduanya merasa memiliki visi yang sama untuk meningkatkan keselamatann dalam berkendara.

Keduanya pun bersama-sama menyelenggarakan ASEAN Automobile Safety Forum 2018 di Proving Ground Bridgestone Karawang, Jawa Barat. Selama acara ini berlangsung, baik ASEAN NCAP dan Bridgestone sama-sama memaparkan mengenai aspek-aspek teknik dan perkembangan teknologi yang dapat meningkatkan keselamatan berkendara.

“Di Bridgestone, keselamatan adalah prioritas utama dan karenanya, Bridgestone Indonesia juga selalu berusahan meningkatkan tingkat keselamatan dan kehidupan setiap orang dimanapun mereka berada,” ucap Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Akihito Ishii, pada rabu (14/11/2018).

Secara keseluruhan acara ini adalah kali pertama pelatihan keselamatan berkendara yang diinisiasi oleh ASEAN NCAP. Mereka juga berkolaborasi dengan pemasok teknologi keselamatan kendaraan dan agen pemegang merek mobil.

Tujuan utama kursus adalah untuk menyebarluaskan pengetahuan tentang cedera penumpang yang diakibatkan tabrakan kendaraan dan untuk menginformasikan fungsi-fungsi utama dan fitur keselamatan kendaraan, baik pasif maupun aktif. Selain itu, kursus ini bertujuan untuk memberikan informasi yang paling akurat tentang fungsionalitas teknologi bantuan keselamatan dan manfaatnya.

Beberapa demonstrasi teknologi fitur keselamatan yang tersedia kendaraan bermotor modern seperti anti-lock brake system (ABS) di mobil dan sepeda motor, electronic stability control (ESC), dan blind spot monitoring yang ditampilkan langsung di sirkuit uji milik Bridgestone Indonesia.

Bridgestone juga menyisipkan kampanye keselamatan ban yang sudah dilakukan selama 10 tahun berturut. Tujuan kampanye ini berfokus kepada penyediaan mobilitas yang lebih mudah, lebih aman, lebih lancar, dan lebih mulus untuk meningkatkan cara orang bergerak, hidup, bekerja, dan bermain.

Pabrikan ban asal Jepang ini juga sempat mendemonstrasikan peran ban dalam keselamatan kendaraan. Seluruh proses mulai dari fungsi ban di kendaraan hingga pengaruh tekanan udara, kondisi tapak, dan hydroplaning yang dijelaskan kepada para peserta.


(UDA)