Tips Knowledge

Lampu Indikator Aki Menyala? Ini Penyebabnya

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 22 May 2018 07:17 WIB
tips knowledge
Lampu Indikator Aki Menyala? Ini Penyebabnya
Indikator aki menyala tanda sistem kelistrikan mobil bermasalah. Samarins

Jakarta: Lampu battery/aki di panel speedometer berfungsi sebagai indikator sistem pengecasan/pengisian kelistrikan di mobil. Apabila indikator tersebut menyala, maka ada yang salah dengan sistem pengisian.

"Normalnya lampu indikator aki akan mati saat mesin mulai berputar, yang menandakan sistem pengisian atau dinamo alternator sudah menghasilkan listrik untuk mengecas aki mobil," beber Fahmi pemilik bengkel Fahmi Jaya Motor, saat berbincang dengan Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Menurut Fahmi ada beberapa penyebab yang membuat indikator aki menyala, diantaranya soket alternator kendur atau karbon brush sudah habis atau aus, yang mengakibatkan dinamo alternator tidak bisa bekerja untuk menghasilkan listrik.

Solusinya adalah dengan melakukan pengecekan kondisi karbon brush atau slip ring yang terdapat di dinamo alternator. Jika kedua komponen tersebut sudah habis maka perlu diganti.

Fahmi menyarankan, apabila mengalami kondisinya sudah rusak untuk segera melakukan perbaikan, agar tidak merembet ikut merusak aki dan berimbas mesin tiba-tiba mati saat dalam perjalanan.

Selain itu jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara berkala aki mobil Anda, karena aki juga termasuk komponen fast moving, dalam artian komponen yang habis masa pakainya, dan apabila sudah tidak bekerja secara maksimal harus segera mendapatkan perawatan atau lekas diganti.


(UDA)