Modifikasi Mobil

Lego Bikin Replika Bugatti Chiron Layaknya Mobil Sungguhan

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 02 Sep 2018 09:35 WIB
modifikasi mobil
Lego Bikin Replika Bugatti Chiron Layaknya Mobil Sungguhan
Replika Bugatti Chiron terbuat dari Lego dan bisa dikendarai layaknya mobil sungguhan. Roadandtrack

Republik Ceko: Belum lama memperkenalkan model terbarunya, yani Divo, Bugatti mendapat kejutan dari perusahaan mainan Lego, yang menciptakan hypercar menggunakan bahan dasar Lego.

Menurut Lego, replika Bugatti Chiron itu dibuat menggunakan kepingan Lego berskala 1:1, sehingga ukuran dan bentuknya terlihat seperti aslinya. 

Dilansir Roadandtrack, replika Chiron dirakit secara manual oleh tim yang terdiri dari 20 orang, menggunakan 339 jenis elemen LEGO Technic dan lebih dari 1 juta potongan Lego. 

Bobotnya mencapai 3.300 pound atau sekitar 1,5 ton. Untuk menyelesaikannya membutuhkan waktu lebih dari 13.000 jam atau sekitar enam bulan. 

Yang menarik adalah, replika Chiron ini mengaplikasikan Lego Technic components, yang membuatnya bisa berjalan layaknya mobil sungguhan. Termasuk 2.016 gir dipasang di bagian as dan 4.032 gir untuk menggerakkan roda, serta ban dan pelek asli Bugatti dengan frame baja penguat mobil.

Sebanyak 2.304 Lego Power Function turut disematkan, berfungsi sebagai jantung mekanis, disebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 5,3 daya kuda dan torsi 68 lb ft. Kecepatan maksimumnya mencapai 20 km per jam. 

Belum cukup sampai disitu, replika ini juga dilengkai speedometer, sayap belakang yang bisa naik-turun, rem, pintu, lampu utama dan belakang, serta setir yang benar-benar berfungsi. 

Perusahaan mengklaim, semua kepingan Lego yang ada pada replika Bugatti Chiron dirangkai tanpa menggunakan perekat. Diperkirakan, biaya yang dihabiskan Lego untuk menciptakan mobil ini mencapai USD3 juta atau sekitar Rp4,4 miliar. 
 


(UDA)