Proses Uji KIR

Ingin Uji KIR? Pastikan Bagian Mobil Tak Bermasalah

Ahmad Garuda    •    Kamis, 16 Feb 2017 18:09 WIB
safety driving
Ingin Uji KIR? Pastikan Bagian Mobil Tak Bermasalah
Proses uji KIR ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hino

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi mereka yang belum pernah melakukan sesi uji KIR untuk mobil komersil atau niaga miliknya, sebaiknya mempersiapkan beberapa hal dengan baik. Ini untuk memastikan bahwa mobil tersebut memenuhi syarat untuk mengangkut barang sesuai kapasitasnya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan bukan hanya kapasitas angkutnya saja. Ada juga uji berupa noise test guna mengukur kebisingan kendaraan. Lalu ada tes emisi untuk mengukur emisi gas buang, load test untuk mengukur beban kendaraan dan brake test guna mengukur fungsi pengereman.

Hal lain yang diuji adalah speed test untuk mengukur kecepatan, pengujian lampu utama, side slip, uji kuncup roda depan dan uji visual 2 untuk mengecek kondisi fisik di bagian bawah mobil seperti gardan, propeller shaft, kaki-kaki, dan bagian lainnya.

Setiap mobil yang telah selesai dan lulus akan mendapatkan buku uji, plat uji, dan stiker tanda samping. Sedangkan mobil yang gagal dalam uji kir paling tidak harus diperbaiki oleh mekanik.

Khusus untuk Hino yang sudah punya fasilitas uji KIR sendiri di Cakung, Jakarta, mereka bisa memeriksakan mobil mereka langsung di bengkel resmi Hino HAM yang letaknya bersebelahan dengan alur uji KIR. Sehingga mobil yang telah diperbaiki dapat langsung kembali melakukan uji KIR dengan tujuan untuk menghemat waktu dan selesai pada hari yang sama. Pelayanan uji kir dan bengkel perbaikan dalam satu atap ini (One Stop Services) diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kendaraan milik customer.


(GUS)